CARIAD Akan Menjadi Arsitektur Perangkat Lunak Terpadu Kendaraan Masa Depan VW
CARIAD tampil di CES 2023. (foto: twitter @cariad)

Bagikan:

JAKARTA - Divisi perangkat lunak Volkswagen, CARIAD, telah diperintahkan oleh CEO baru VW untuk menjadi arsitektur perangkat lunak terpadu untuk kendaraan masa depan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala CARIAD, Dirk Hilgenberg.

"Saya menyebut program kami 'triple jump'," kata Hilgenberg kepada Reuters di pameran perdagangan teknologi CES di Las Vegas. "Kamu melakukan satu lompatan dalam satu waktu."

Langkah kunci selanjutnya adalah peluncuran SUV Porsche Macan pada tahun 2024, yang akan memiliki arsitektur perangkat lunak premium baru dari VW.

Target Volkswagen adalah perangkat lunak "terpadu" dan arsitektur elektronik untuk semua kendaraan grup VW. Target akan bergantung pada semikonduktor "system on a chip" Qualcomm di Eropa dan Amerika Utara, dan di China akan menggunakan super-chip yang dikembangkan dengan mitra China Horizon Robotics.

"Kami tidak diizinkan menarik data dari China," kata Hilgenberg. Volkswagen telah menjanjikan investor pembaruan tentang kemajuan perangkat lunak pada bulan Maret.

Penundaan dan pembengkakan biaya di CARIAD adalah salah satu faktor di balik keputusan dewan pengawas VW musim panas lalu untuk memecat Herbert Diess sebagai CEO dan menggantikannya dengan CEO Porsche, Oliver Blume.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa platform perangkat lunak baru yang dimaksudkan untuk memungkinkan pengemudian otonom "Level 4", yang akan diterapkan di seluruh armada mulai tahun 2026, akan diundur hingga akhir dekade ini. Salah satu sumber mengatakan kemungkinan awal tahun 2028.

Hilgenberg menolak untuk membahas tanggal tertentu. “Ayo kirim produk,” katanya.

Dia mengilustrasikan tantangan CARIAD menggunakan slide yang menunjukkan tiga diagram yang mewakili sistem elektronik kendaraan. Pendekatan lama VW adalah menggunakan 120 komputer kecil yang mengendalikan fungsi terpisah.

Masa depan ditunjukkan dengan skema mobil listrik yang diperintah oleh satu master "sistem pada sebuah chip" - cukup kuat untuk menjalankan sistem mengemudi otomatis, streaming video ke dasbor, dan mengirimkan data tentang perilaku mengemudi, kebiasaan mengisi daya, masa pakai baterai, dan fungsi lainnya kembali ke VW melalui "Cloud".

Status Volkswagen saat ini berada di antara: Perangkat lunak yang sekarang digunakan memungkinkan kendaraan listrik "ID" -nya diperbarui dari jarak jauh, dengan perbaikan yang disebut Hilgenberg sebagai "masalah tumbuh gigi".

Blume memerintahkan peninjauan ulang strategi CARIAD tahun lalu. Hilgenberg mengatakan bahwa memikirkan kembali membutuhkan waktu enam minggu untuk "lokakarya intensif yang terkadang emosional".

“CARIAD tidak berencana untuk memotong staf,” kata Hilgenberg. Tapi mereka akan memiliki fokus baru pada efisiensi. Untuk saat ini, perusahaan akan berfokus pada menghadirkan sistem mengemudi otomatis "Level 3" , di jalan raya tertentu, dalam kondisi tertentu, dalam kemitraan dengan Bosch. Sementara sistem mengemudi full self driving untuk konsumen akan datang nanti.

Terkait