Basketball Forever, dari Australia Terbitkan NFT Hoop Hounds yang Terintegrasi dengan Kompetisi NBA
Basker Forrever ingin terbitkan layanan kripto. (foto: twitter @HoopHounds)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan media asal Australia, Basketball Forever, telah mengumumkan proyek NFT berjudul Hoop Hounds. Ini  adalah bagian dari upaya mereka  meningkatkan keterlibatan penggemar NBA dan menyediakan utilitas dunia nyata yang substansial untuk token.

Kritik terhadap NFT secara konsisten membidik sifat token yang dianggap tidak efektif, dengan meme "klik kanan simpan" yang beredar. Namun, baru-baru ini ada peningkatan dalam proyek NFT yang berfokus pada utilitas, seperti Bored Ape Yacht Club dan Top Shot, di mana pemegang diberikan akses eksklusif ke acara dan produk dunia nyata.

Basketball Forever, anak perusahaan dari perusahaan media olahraga Forever Network yang berfokus pada NBA, telah mengembangkan tingkat keterlibatan yang tinggi di media sosial di Australia selama empat tahun terakhir. Mereka juga  mencoba meningkatkan pendekatan itu dengan NFT.

Basketball Forever akan menawarkan total 8.888 "hounds" yang berbeda. Perusahaan mengharapkan NFT ini akan tersedia dalam enam minggu ke depan.

Dalam sebuah wawancara dengan Cointelegraph, pendiri Basketball Forever Alex Sumsky, mengatakan bahwa perusahaannya akan menggunakan NFT “all in”. ia juga mengatakan bahwa teknologinya lebih dari sekadar token yang terikat pada JPG dan memungkinkan organisasi menyediakan cara inovatif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna  dan memberi penggemar utilitas nyata.

Pengguna yang mencetak NFT Hoop Hound misalnya menerima memorabilia dan koleksi penggemar dunia nyata, di mana pun mereka tinggal di dunia.

“Dalam peta jalan fase 1, pengguna akan menerima barang fisik, barang dagangan, dan memorabilia yang secara langsung berhubungan dengan sifat unik NFT yang mereka miliki.”

Jika pengguna mencetak hound yang memakai item tertentu, mereka mendapatkan kemampuan untuk mengklaim item fisik yang sesuai dalam kehidupan nyata. Ciri dan hound tertentu akan dikaitkan dengan berbagai pemicu musim NBA yang akan membuat pemegang tertentu dikirim ke pertandingan NBA termasuk fasilitas penerbangan dan akomodasi.

Sumsky menambahkan bahwa merchandise fisik dan pengalaman NBA yang ditawarkan kepada pengguna hanyalah bagian pertama dari proyek.

"Permainan yang lebih besar adalah fase 2 dari peta jalan kami - kepemilikan hound memberi pengguna akses ke kumpulan barang dagangan, memorabilia, dan hadiah uang tunai setiap hari yang semuanya dimainkan dalam bentuk aplikasi keterlibatan penggemar," kata Sumsky.

Sumsky menjelaskan bahwa Basketball Forever telah menjalankan versi aplikasi berbasis non-blockchain, yang disebut V.O.A.T, dengan tingkat keterlibatan yang tinggi. Pengguna aplikasi masuk setiap hari untuk menjawab lima pertanyaan tentang masalah NBA dan ikut serta untuk memenangkan hadiah.

“Pindah ke NFT memberikan lebih banyak peluang,” kata Sumsky. “NFT dan pemeliharaan digital memberi perusahaan dan organisasi seperti Forever Network, kemampuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dicari pengguna kami dalam hal terlibat dengan olahraga yang mereka sukai, tetapi yang lebih penting ini memungkinkan kami untuk merampingkan pengiriman item kehidupan nyata dan pengalaman.”

NFT sekarang menarik minat arus utama dengan laporan pasar tahunan dari NonFungible yang menemukan bahwa nilai total semua transaksi NFT di seluruh dunia sudah melampaui lebih dari  17 miliar dolar AS (Rp 244 triliun) pada tahun 2021, naik dari  82,5 juta dolar AS (Rp1,2 triliun)pada tahun 2020.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa “NFT'' dipilih sebagai kata terbaik tahun ini dari Collins Dictionary untuk tahun 2021.