BMW Akan Fokus untuk Membuat Mobil Listrik di Jerman
BMW terus kembangkan mobil listrik untuk capai target 50 persen produksi mobil listrik. (foto: bmw)

Bagikan:

JAKARTA— BMW akan berhenti membuat mesin pembakaran internal di pabrik utamanya di Munich pada tahun 2024. Kepala produksi perusahaan mobil asal Jerman itu mengatakan pada Jumat, 22 Oktober di sebuah konferensi yang menandai dimulainya produksi model i4 listriknya.

“Mesin ICE yang saat ini dibuat di Munich akan diproduksi di pabrik BMW di Austria dan Inggris di masa depan,” kata kepala produksi Milan Nedeljkovic dikutip oleh Reuters. Meskipun demikian mobil yang menggunakan mesin tersebut masih akan dirakit di pabrik Munich.

“Namun, pada tahun 2023 setidaknya setengah dari kendaraan yang diproduksi di Munich akan dialiri listrik - baik baterai listrik atau hibrida plug-in,” kata Nedeljkovic.

BMW telah menetapkan target untuk setidaknya 50% dari penjualan mobil global baru mereka menjadi mobil listrik pada tahun 2030, dan CEO Oliver Zipse mengatakan pada konferensi minggu lalu bahwa perusahaan akan siap dengan penawaran semua-listrik jika ada pasar yang melarang ICE pada saat itu.  

Mobil baterai-listrik i4 dibuat pada jalur perakitan bersama dengan ICE dan model hibrida seperti BMW Seri 3 Sedan dan Touring, kata perusahaan itu, sebuah pergeseran yang menelan biaya 200 juta euro (Rp 3,3 triliun) investasi dalam infrastruktur produksi.

Sebuah lini perakitan campuran serupa sudah berlangsung di pabrik Dingolfing pembuat mobil, yang memproduksi BMW iX bersama model hybrid dan ICE.

“Model baru akan diprioritaskan dalam pengambilan keputusan di mana mengalokasikan chip yang langka,” kata kepala pabrik Peter Weber. Perusahaan itu memiliki persediaan bahan baku yang baik, Nedeljkovic menambahkan.

BMW sebelumnya mengatakan mereka mengharapkan untuk memproduksi 70.000 hingga 90.000 mobil. Jumlah ini lebih sedikit daripada yang bisa dijual tahun ini karena kekurangan chip yang melanda pembuat mobil di seluruh dunia.

Mereka juga berkomitmen untuk mengurangi emisi dari logistik transportasi di pabrik Munich, yang terbesar di perusahaan, menjadi nol dalam beberapa tahun ke depan, tanpa memberikan tanggal tertentu.

Target ini akan dicapai dengan memanfaatkan transportasi kereta api dan truk bertenaga baterai yang lebih besar untuk mengangkut kendaraan di dalam dan di sekitar pabrik.