Bagikan:

JAKARTA - BMW akan mengakhiri produksi mobil mesin pembakaran internal di pabrik yang berada di Jerman, menandakan berakhirnya era lama guna menyambung era baru (kendaraan listrik).

Dikutip dari laman Carscoops, Rabu, 15 November, akhir dari produksi kendaraan ICE bermaksud untuk mengkonfigurasi ulang fasilitas tersebut untuk memproduksi jajaran kendaraan listrik.

Sebenarnya kabar ini telah berhembus sejak 2020 silam, saat perusahaan mengatakan fokus ke kendaraan listrik. Nantinya mesin pembakaran internal seluruhnya akan dipindahkan produksi pabrik di Inggris, dan Austria.

Menurut kabar dari media lokal BR24, mesin pembakaran internal (ICE) terakhir yang diproduksi di pabrik Munich adalah V8 yang diluncurkan dari jalur perakitan pada 10 November. Sementara itu 1.200 karyawan di pabrik tersebut akan menjalani pelatihan ulang dan ditempatkan di peran lain atau di fasilitas BMW yang berbeda.

Menariknya, tidak seperti kebanyakan pesaingnya yang menetapkan tanggal spesifik untuk menghentikan produksi kendaraan bermesin pembakaran internal, BMW menahan diri untuk tidak melakukan hal tersebut.

Seperti diketahui pabrik BMW di Munich telah menangani produksi i4 listrik sejak Oktober 2021, dan juga akan menjadi rumah bagi kendaraan listrik masa depan yang berbasis di Neue Klasse.

Rencananya kendaraan yang akan dibuat meliputi Seri 3 listrik atau yang dikenal dengan i3, hingga generasi selanjutnya dari i4. BMW juga telah mengonfirmasi akan meluncurkan enam Neue Klasse EV antara tahun 2025 dan 2027.