Bagikan:

JAKARTA - BMW keluar sebagai pemenang sebagai penjualan terbanyak di antara produsen mobil premium Jerman pada semester pertama tahun ini. Laporan Reuters, 10 Juli, menyebutkan, BMW mencatatkan pertumbuhan penjualan terkuat dibanding kompetitor seperti Mercedes-Benz dan Porsche.

Keunggulan BMW diraih berkat lonjakan signifikan pada penjualan mobil listrik mereka. Penjualan mobil listrik BMW melonjak 34 persen menjadi hampir 180.000 unit, sementara total penjualannya naik 2,3 persen menjadi hampir 1,1 juta kendaraan. Bandingkan dengan Mercedes-Benz yang penjualannya justru turun 6 persen menjadi 960.000 unit. Penjualan mobil listrik Mercedes-Benz pun hanya setengah dari BMW, yakni 93.400 unit, dan turun 17 persen dibanding tahun lalu.

Menurut Mercedes-Benz, perlambatan peningkatan produksi mobil listrik di pasar utama menjadi salah satu faktor penurunan penjualan. Selain itu, mereka juga fokus pada pertumbuhan yang sehat di tengah persaingan ketat dan banyaknya produsen yang menawarkan diskon besar untuk mobil listrik.

Tren penurunan penjualan juga dialami Porsche dan Audi. Penjualan Porsche turun 7 persen menjadi 155.900 unit, dengan penurunan terparah terjadi di China yang mencapai sepertiga. Sementara penjualan Audi turun 8 persen menjadi 833.000 unit, dengan peningkatan penjualan mobil listrik yang hanya 1,3 persen.

Para analis memprediksi performa Porsche akan membaik di kuartal kedua. Hal ini didorong oleh ketersediaan model-model premium mereka yang lebih tinggi, sehingga diperkirakan margin keuntungan Porsche masih bisa sesuai perkiraan di angka 15 persen hingga 17 persen.