Sistem Android 13 Kini Hadir di Windows 11, Apa Saja yang Baru?
Sistem Android 13 hadir di Windows 11 (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft telah mengonfirmasi bahwa pembaruan Android 13 kini sudah diluncurkan untuk Subsistem Windows untuk Android atau WSA ke semua Windows Insider. 

"Hari ini kami mengirimkan pembaruan untuk Windows Subsystem for Android di Windows 11 ke semua saluran Windows Insider," tulis perusahaan dalam pengumumannya pada Selasa, 10 Januari. 

Sebagai informasi, Subsistem Windows untuk Android (WSA) adalah fitur Windows 11 yang memungkinkan beberapa gim dan aplikasi Android berjalan di PC Anda. 

Melansir dari How To Geek pengumuman ini muncul setelah sebelumnya Microsoft mengumumkan dalam sebuah diskusi GitHub bahwa pembaruan diluncurkan untuk orang-orang di Subsistem Windows untuk Program Pratinjau Android ini sangat awal. 

Versi baru (2211.40000.7.0) mengupdate sistem ke Android 13, memberikannya API baru untuk digunakan developer aplikasi dan beberapa fitur sistem. Adapun beberapa pembaruan yang datang adalah sebagai berikut:

  • Subsistem Windows untuk Android diperbarui ke Android 13
  • Peningkatan kinerja boot
  • Perbaikan input klik mouse
  • Peningkatan stabilitas clipboard
  • Perbaikan untuk mengubah ukuran aplikasi
  • Peningkatan keandalan untuk membuka file media di Windows
  • Entri jumplist untuk aplikasi yang mendukung pintasan aplikasi

Waktu boot telah diperbaiki, dengan Microsoft melaporkan peningkatan 50%. Input klik mouse, papan klip, pengubahan ukuran aplikasi, dan membuka file media juga akan berfungsi lebih baik dari sebelumnya. 

Terakhir, pembaruan baru menambahkan dukungan untuk pintasan dari aplikasi Android. Jika aplikasi Android memiliki pintasan yang tersedia, pintasan tersebut akan muncul di jumplist saat Anda mengeklik kanan ikon di bilah tugas.

Microsoft tidak menyebutkan kapan semua orang di Windows 11 akan mendapatkan pembaruan Subsistem, tetapi itu akan terjadi setelah pengujian bug di Program Pratinjau dan Program Insider Windows telah selesai.