Cara Mengecek Komputer Anda Kompatibel untuk Menjalankan Windows 11
Cara Mengecek Komputer Anda Kompatibel untuk Menjalankan Windows 11

Bagikan:

YOGYAKARTA - Untuk mengembangkan sistem operasi yang lebih modern, Miscrosof telah membuat Windows 11 untuk menggantikan sistem operasi sebelumnya, yakni Windows 10 di perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Komputer yang menggunakan CPU modern akan dapat menjalankan sistem operasi Windows 11, sementara untuk versi lama terdapat beberapa komputer yang dapat menjalankan sistem operasi tersebut, tetapi ada juga yang tidak kompatibel.

Meskipun demikian, untuk komputer yang tidak kompatibel menggunakan sistem operasi Windows 11 secara resmi, masih dapat menggunakannya tetapi akan ada bug yang kemungkinan muncul.

Untuk mengetahui cara memeriksa apakah komputer milik Anda kompatibel atau tidak, tim VOI telah menyiapkan cara untuk memeriksa apakah komputer Anda dapat menjalankan Windows 11 atau tidak di dalam artikel ini.

Windows 11 dirilis pada 5 Oktober 2021. Sistem operasi versi terbaru dari Microsoft tersebut memiliki sistem yang ketat dan secara resmi hanya dapat digunakan untuk komputer dengan CPU modern.

Microsoft telah menyiapkan alat yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa apakah komputer Anda dapat menggunakan Windows 11, yakni "PC Health Check", yang dapat memeriksa komputer dan membantu pengguna untuk menjalankan Windows 11.

Namun, jika komputer Anda tidak didukung untuk mengupdate ke versi terbaru, Anda tetap bisa meningkatkan komputer Anda ke Windows 11. Anda dapat menggunakan PC Health Check dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dengan mengunjungi situs resmi Microsoft.

[/see_also]

- https://voi.id/teknologi/91314/cara-mengubah-ikon-desktop-yang-muncul-di-windows-11-atur-tampilan-sesuai-kebutuhan

- https://voi.id/aktual/91311/cara-menggunakan-google-reverse-image-di-android-bisa-dipakai-untuk-mencari-sumber-foto

- https://voi.id/teknologi/91303/cara-mengatasi-iphone-13-yang-tidak-bisa-membuka-kunci-dengan-apple-watch

[/see_also]

Cara Cek Komputer Kompatibel Menjalankan Windows 11

Anda dapat mengunduh beberapa file yang dibutuhkan, kemudian buka file tersebut dan terima semua persyaratan untuk instal. Selanjutnya, centang kotak "Buka PC Health Check Windows", kemudian klik "Finish/Selesai".

Anda akan melihat bagian dari Windows 11 di sebelah atas aplikasi yang sudah Anda unduh. Pilih tombol biru "Periksa Sekarang".

Jika komputer Anda kompatibel, akan muncul jendela baru yang menyatakan "PC ini memenuhi persyaratan Windows 11."

Namun, jika komputer Anda tidak didukung untuk menggunakan Windows 11 secara resmi, akan muncul jendela baru yang mengatakan bahwa PC Anda saat ini tidak memenuhi persyaratan untuk menggunakan sistem Windows 11.

Selain itu PC Health Check juga akan memberi tahu pengguna alasan komputer Anda tidak kompatibel untuk menjalankan sistem operasi Windows 11.

Misalnya, jika masalahnya adalah TPM 2.0 tidak diaktifkan, Anda dapat mengaktifkan TPM dari dalam firmware UEFI komputer Anda. Jika "Secure Boot" saat ini tidak diaktifkan, Anda dapat mengaktifkannyaa.

Jika komputer Anda tidak kompatibel secara resmi, Anda tetap dapat meningkatkan ke Windows 11, tetapi akan ada beberapa bug, dan Microsoft tidak dapat menjami komputer yang tidak kompatibel akan terus menerima pembaruan keamanan.

Meskipun begitu, pihak Microsoft tidak akan mengupgrade semua komputernya menggunakan Windows 11. Mereka akan tetap mendukung Windows 10 dengan pembaruan keamanan hingga 14 Oktober 2025.