Ini 4 Alasan Mengapa Harus Beli Komputer Baru
Membeli komputer baru lebih praktis dibandingkan mengup-grade hard ware komputer lama. (foto: Carlos Muza/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Komputer bisa digunakan untuk segala hal mulai dari memeriksa email, pekerjaan, keperluan sekolah, dan lainnya. Tetapi seiring bertambahnya usia komputer, semakin sulit untuk menginstal program baru dan pembaruan sistem operasi.

Memutakhirkan komputer lama dapat memberi lebih banyak kecepatan dan ruang penyimpanan, tetapi apakah semua keinginan itu akan dilakukan 

Pengguna komputer tidak ingin memasukkan komponen baru ke dalam sistem lama jika itu tidak akan menghasilkan sistem yang seperti baru. Itu sebabnya mungkin sudah saatnya untuk meningkatkan ke mesin baru. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus membeli komputer baru dari pada mengup-grade komputer lama.

1. Pembaruan OS/Keamanan

Dengan Windows 11 yang akan dirilis akhir tahun ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah PC lama Anda kompatibel. Ada beberapa persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh mesin Anda.

Windows 10 adalah sistem operasi yang jauh lebih baik daripada opsi Windows 8, Windows 7, dan yang lebih lama sebelumnya. Windows 11 pasti akan lebih baik lagi. Dengan memutakhirkan ke komputer baru, Anda pasti memiliki akses ke OS Windows terbaru dan semua peningkatan keamanan dan fitur baru yang keren.

Jika PC lama Anda tidak dapat menjalankan Windows 11, sebaiknya lanjutkan dan temukan komputer Anda berikutnya. Anda tidak ingin ditinggalkan seperti pengguna Windows 7 yang tidak lagi mendapatkan dukungan dari Microsoft. 

2. Program Tidak Kompatibel 

Memiliki komputer lama dan tidak dapat meningkatkan ke OS terbaru bisa memunculkan  serangkaian masalah baru, seperti program yang tidak lagi kompatibel.

Program yang saat ini Anda gunakan, seperti Microsoft Office, mungkin tidak lagi berfungsi. Misalnya, Macbook Pro 2012 tidak akan menjalankan versi terbaru Microsoft Office jika OS tidak dapat ditingkatkan. Banyak program baru memiliki persyaratan minimum yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh mesin lama Anda.

Ini sering terjadi pada banyak game yang mungkin Anda sukai. Bagi mereka yang menikmati rilis game baru, Anda mungkin tidak dapat memainkannya di mesin Anda saat ini. Game hari ini semuanya diunduh dari internet dan membutuhkan ruang RAM minimum, grafik tertentu, dan lebih banyak ruang keseluruhan di komputer Anda.

Ukuran minimum hard drive yang disarankan adalah 500GB jika Anda menyimpan banyak dokumen, banyak game, atau suka mengunduh musik dan film. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, mungkin inilah saatnya untuk mendapatkan komputer baru dengan lebih banyak ruang penyimpanan.

3. Biaya penggantian perangkat keras (RAM, Hardisk, dll)

Ketika harus mengganti komponen seperti RAM, hard drive (apakah Anda menginginkan yang tradisional atau solid-state), kartu grafis, motherboard, dan lain-lain, setiap bagian bisa sangat mahal. Misalnya, meningkatkan RAM Anda dari 8GB ke 16GB agar untuk memberi Anda lebih banyak ruang dan kecepatan lebih cepat, bisa membutuhkan biaya mulai hingga jutaan.

Jika Anda ingin menjumlahkan biaya setiap perangkat keras yang ingin Anda tingkatkan, lebih baik Anda membeli komputer baru sama sekali. Biaya tambahan lain, setelah Anda membeli perangkat keras, adalah menemukan seseorang untuk menginstalnya jika Anda tidak paham teknologi. 

Alih-alih mengeluarkan biaya mahal untuk mengganti perangkat keras, membeli PC atau Mac baru bisa menjadi cara yang tepat. Anda akan lebih baik dalam jangka panjang dan akan memiliki mesin baru yang akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang.

4. Suara Aneh 

Biasanya, komputer tidak akan mengeluarkan banyak suara. Anda mungkin mendengar deru lembut dari kipas atau liku-liku lembut dari kerja hard drive. Tetapi tetap buka telinga Anda untuk mendengar suara yang tidak biasa, termasuk suara gerinda, ketukan, atau klik. Ini semua bisa menjadi tanda-tanda kegagalan hard drive yang tak terhindarkan.

Pertama, pastikan untuk mencadangkan semua data yang ingin Anda simpan dari hard drive. Kemudian Anda dapat memutuskan apakah perlu mengganti drive dengan yang baru atau memotong kerugian Anda dan menggunakan mesin yang sama sekali baru.

Anda dapat mengharapkan umur rata-rata mesin Anda bertahan antara 3 hingga 5 tahun. Dalam kebanyakan kasus, jika Anda mendengar suara-suara aneh dari komputer Anda, maka lebih baik Anda membeli yang baru. Terutama jika sudah lebih dari 5 tahun, lanjutkan dan manjakan diri Anda dengan PC atau Mac baru, maka selanjutnya Anda akan berselancar dengan tenang selama bertahun-tahun yang akan datang.