Kesalahan <i>Boot</i> Hingga <i>Hard Drive</i> Berisik, Ini 6 Tanda Komputer Anda Bakal Rusak
Ilustrasi pemakai komputer. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Komputer atau laptop sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari. Lantaran intensitas pemakaiannya yang tinggi, komputer juga bisa cepat rusak atau crash.

Maka dari itu Anda yang memiliki ketergantungan terhadap komputer perlu mengetahui tanda-tanda kerusakan agar tiba-tiba tidak menghambat rutinitas saat berkinerja.

Berikut ini beberapa 6 tanda komputer Anda bakal rusak:

1 Hard Drive Berisik

Meskipun kebanyakan laptop high-end modern sekarang menggunakan Solid State Drive (SSD), hard drive tradisional masih umum di mesin anggaran dan beberapa komputer desktop.

Hard drive tradisional bersifat mekanis, mereka memiliki bagian yang bergerak. Dan sama seperti hal lainnya dengan bagian yang bergerak, bagian tersebut dapat aus, rusak, dan berhenti bekerja. Jika Hard Drive Anda menimbulkan berisik, itu bisa jadi tanda-tanda kerusakan komputer Anda.

2 Kesalahan Boot

Jika Anda melihat pesan seperti "Perangkat boot tidak ditemukan", ada kemungkinan besar salinan Windows Anda rusak. Meskipun mudah untuk memperbaiki kesalah boot, Anda tetap harus waspada.

3 Kinerja Perangkat Lunak Buruk

Kerusakan komputer tidak selalu dari perangkat kerasnya saja, perangkat lunak juga dapat menyebabkan masalah.

Salah satu alasan paling sederhana namun diabaikan untuk masalah perangkat lunak adalah spesifikasi komputer Anda.

Jika sebuah aplikasi membutuhkan lebih banyak kekuatan pemrosesan daripada yang dapat disediakan komputer Anda, komputer Anda akan melambat, bahkan sistemnya akan berhenti.

4 Kinerja Perangkat Keras Buruk

Jika Anda sudah berpikir kalau Anda tidak memiliki perangkat lunak yang "berat", tapi komputer Anda tetap lambat, bisa jadi kesalahan ada pada Perangkat keras Anda yang buruk.

5 Kipas Sistem Keras

Jika kipas komputer Anda lebih keras dari biasanya, ini bisa jadi menunjukkan bahwa panas di dalam mesin saat mesin terus menerus digunakan, dan itu dapat menimbulkan masalah.

Jika komponen internal laptop atau desktop Anda terlalu panas, situasinya pada akhirnya dapat menyebabkan crash dan bahkan kerusakan perangkat keras.

6 File dan Program Rusak

File corrupt (rusak) menjadi salah satu pemicu pengoperasian komputer menjadi lambat. Ditandai oleh komputer mengalami masalah saat awal pengoperasian.

Adapun masalah lain yang menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat,seperti malware, hard drive yang gagal, komponen internal yang gagal, dan file yang rusak semuanya.