Microsoft Uji Windows 11 untuk Dapat Jalankan Aplikasi Android 12.1, Meski Belum Sempurna
Microsoft uji coba Windows 11 jalankan aplikasi Android. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft tidak berpuas diri ketika berbicara tentang sistem yang memungkinkan Windows 11 menjalankan aplikasi Android. Pada Jumat, 20 Mei perusahaan teknologi asal AS ini mengumumkan pembaruan yang meningkatkan versi Android yang berjalan di komputer dan membantu membuat aplikasi terasa lebih akrab berjalan di PC.

Pembaruan Subsistem Windows untuk Android saat ini hanya tersedia untuk menguji Windows Insiders, tetapi itu mungkin hal yang baik.

Peningkatan utama adalah pembaruan ke versi Android yang mendukung kemampuan Windows untuk menjalankan aplikasi seluler. Rilis publik saat ini tampaknya menggunakan Android 11, tetapi versi yang diuji Microsoft menjalankan Android 12.1, alias Android 12L. Artinya, jika Anda memiliki sesuatu selain Pixel terbaru, komputer Anda mungkin menjalankan versi Android yang lebih baru daripada ponsel Anda.

Pembaruan juga membawa peningkatan pada bagaimana aplikasi Android terintegrasi dengan Windows. Pesan pop-up dari aplikasi mungkin muncul sebagai pemberitahuan Windows sekarang, dan bilah tugas akan dapat menunjukkan jika aplikasi Android mengakses mikrofon atau lokasi Anda.

Perusahaan juga mengatakan bahwa aplikasi Android akan berperilaku lebih baik setelah Anda membangunkan komputer dari kondisi standby. Alih-alih memulai kembali, mereka seharusnya melanjutkan dari tempat mereka tinggalkan.

Microsoft juga mengatakan mereka sepenuhnya mendesain ulang aplikasi pengaturan yang Anda gunakan untuk mengelola Subsistem Windows untuk Android, mengelompokkan pengaturan bersama dan memberikan "pengalaman pengguna yang lebih bersih."

Pembaruan juga membuat berbagai perbaikan bagaimana aplikasi Android dapat mengakses kamera komputer Anda dan bahkan telah meningkatkan kemampuan jaringan sehingga Anda dapat mengatur perangkat rumah pintar menggunakan aplikasi Android yang berjalan di komputer Anda.

Meskipun semua ini terdengar seperti peningkatan besar, Anda mungkin ingin menunda untuk mencoba menggunakan fitur itu sendiri saat ini. Pertama, saat ini sedang diluncurkan ke saluran Dev, yang merupakan cincin Windows Insider yang paling berdarah. Artinya Anda lebih mungkin mengalami bug dan crash saat menjalankan aplikasi Android.

Untuk itu, seperti dilaporkan The Verge, Microsoft memperingatkan bahwa peningkatan ke Android 12.1 "dapat menyebabkan beberapa aplikasi gagal diluncurkan." Mungkin itu tidak terlalu mengejutkan mengingat betapa kasarnya peluncuran Android 12 di ponsel. Perusahaan mengatakan sedang bekerja dengan mitra "untuk mengatasi masalah ini sesegera mungkin," jadi mudah-mudahan itu akan diperbaiki sebelum mencapai konsumen.

Bahkan jika pembaruan belum sepenuhnya matang, ada baiknya melihat bahwa Microsoft benar-benar memberikan cinta pada aplikasi Android di fitur Windows. Itu bisa dengan mudah memperkenalkannya sebagai sesuatu yang keren datang dengan Windows 11, meluncurkannya, dan menganggap proyek tersebut kurang lebih selesai.

Fakta bahwa melihat perubahan besar pada pembaruan ini, membuatnya tampak seperti Microsoft berkomitmen pada fitur tersebut untuk saat ini. Namun, jika benar-benar ingin memiliki pengalaman kelas satu, Microsoft perlu mencari cara yang lebih mudah untuk mengunduh aplikasi dari Google Play Store, daripada pilihan Amazon Appstore yang jauh lebih terbatas.