Mars Makin Misterius, Perseverance Tampilkan Gambar Menakutkan dari Planet Merah
Gambar suram tentang pemandangan bebatuan di planet Mars. (foto: NASA)

Bagikan:

JAKARTA— Mars adalah planet yang benar-benar indah, tetapi foto Perseverance NASA terbaru ini mengingatkan kita bahwa planet itu juga bisa terlihat agak seram. Dibandingkan dengan kehidupan di Bumi, Mars sangat berbeda. Planet ini tidak memiliki kehidupan, sangat dingin, dan lingkungannya terutama terdiri dari bebatuan dan debu.

Beberapa orang mungkin melihatnya sebagai planet yang suram dan menyebutnya sehari, tetapi banyak foto dari penjelajah NASA membuktikan sebaliknya.

Saat ini, banyak robot sedang menjelajahi Mars untuk membantu para ilmuwan dan astronom lebih memahami planet ini. Baik itu Curiosity, Perseverance, atau Ingenuity, robot-robot ini sangat penting untuk penjelajahan Mars. Mereka juga kebetulan adalah fotografer hebat.

Robot-robot ini secara teratur mengambil dan berbagi gambar dari petualangan mereka di Mars, memungkinkan semua orang di Bumi untuk lebih dekat dan pribadi dengan planet tetangga. Banyak dari foto-foto ini cukup menakjubkan. Dari gambar pemandangan yang luas hingga bebatuan yang lucu, ada banyak keindahan yang bisa ditemukan di sana.

Seperti halnya planet asing lainnya, Mars juga bisa agak menakutkan. Setelah jeda dua minggu berkat konjungsi matahari, Perseverance baru-baru ini kembali online dan membagikan kumpulan foto baru. NASA memperoleh foto di atas pada 22 Oktober 2021, melalui Kamera Navigasi Kanan Perseverance.

Gambar tersebut benar-benar berbicara untuk dirinya sendiri. Perseverance terlihat berpose ke arah kanan, dengan sisa adegan mengungkapkan lanskap Mars yang gelap. Ada bebatuan di mana pun Anda melihat, tanah cokelat di bawahnya, dan langit kelabu yang menakutkan di latar belakang. Kita mungkin perlu film horor untuk mendapatkan suasana seram di Bumi, tetapi dengan pemandangan seperti ini di Mars, itu bukan keharusan.

Ingin mempertahankan suasana menyeramkan? Kabar baiknya adalah bahwa ini bukan satu-satunya foto Mars yang menghantui yang ditangkap NASA. Kembali pada bulan September, Perseverance mengambil bidikan di atas dari matahari terbit Mars yang menghantui. Matahari memancarkan cahaya hijau misterius ke seluruh langit, sementara bebatuan di bawahnya tampak gelap gulita dalam pencahayaannya.

Penjelajah Curiosity juga membagikan gambar seram awal bulan ini. Yang satu itu menawarkan pemandangan yang luar biasa di dua gunung di planet ini dengan latar langit yang benar-benar hitam.

Inilah sebabnya mengapa Mars terbukti sangat menarik. Dalam satu gambar, planet ini tampak seperti tujuan yang tenang dan damai yang akan menyenangkan untuk dikunjungi. Di tempat lain, sepertinya ada sesuatu yang robek langsung dari film horor. Tidak mungkin ada di antara kita yang bisa melihat hal-hal ini dengan mata kepala sendiri, tetapi mengingat betapa mengerikannya Mars, mungkin itu hal yang baik.