Perseverance Temukan Susunan Batu Mirip Tangga dan Katak Raksasa di Planet Mars
Bebatuan mirip anak tangga di Planet Mars. (foto: dok NASA)

Bagikan:

JAKARTA  - Robot Penjelajah NASA di planet Mars, Perseverance, secara teratur mengunggah gambar dari perjalanannya di planet merah itu. Foto yang terbaru yang mereka kirimkan kini menampilkan 'tangga' aneh yang terbuat dari bebatuan Mars.

Meskipun ini bukanlah hal-hal yang dapat dilihat oleh sebagian besar manusia dengan mata kepala sendiri, robot seperti Perseverance  membuatnya dapat diakses oleh semua orang. Baik itu Perseverance, Curiosity, atau helikopter Ingenuity, robot canggih ini secara teratur menangkap dan berbagi foto luar biasa dari jarak lebih dari 240 juta mil.

Menjadi fotografer yang terampil bukanlah satu-satunya tujuan robot ini, tetapi itu tentu saja salah satu kemampuan mereka yang lebih menarik.

Selalu mencari untuk meningkatkan dirinya sendiri, Perseverance baru saja mengunggah kumpulan gambar lain dari petualangannya di Mars. Diambil dengan Kamera Penghindaran Bahaya Kiri Depan dari Perseverance A dan diakuisisi oleh NASA pada 3 November, foto tersebut memiliki banyak hal untuk ditawarkan.

Ini menunjukkan batu yang lebih besar ke arah kiri bawah bingkai, bagian dari Perseverance terlihat ke arah kanan, dan langit Mars yang menakutkan menjadi latar belakang. Yang paling penting adalah 'tangga' di antara batu besar dan Perseverance. Meskipun secara teknis ini bukan tangga, namun batu itu terlihat seperti tangga.

Batuan ini telah memposisikan diri secara menaik seolah-olah membantu seseorang melintasi permukaan Planet Merah. Detail di 'tangga Mars' ini juga sama menariknya. Kita dapat dengan jelas melihat tekstur kasar di sisi-sisinya, debu jingga menutupi bagian atasnya, dan bebatuan yang lebih kecil bertumpu di atasnya.

Batuan Mars Memiliki Banyak Bentuk Yang Menarik

Ini bukan pertama kalinya Perseverance menemukan objek mirip di Planet Bumi yang tersembunyi di balik bebatuan Mars. Pada akhir Oktober, Perseverance menemukan satu batu yang tampak seperti katak raksasa.

Foto lain dari awal tahun menunjukkan sebuah batu yang menyerupai cacing Mars. Sebagian besar batu di Mars memiliki bentuk seperti batu biasa, tetapi kadang-kadang, Perseverance menemukan batu yang bentuknya sangat unik.

Gambar seperti inilah yang membuat robot seperti Perseverance begitu penting. Siapa pun yang membaca artikel ini sangat tidak mungkin menginjakkan kaki di Mars seumur hidup mereka. Fakta itu mungkin mengecewakan bagi sebagian orang, akan tetapi foto-foto ini sedikit membantu.

Kita bisa duduk santai di Bumi, tidak khawatir tentang kenyataan pahit benar-benar berada di Mars, dan masih mengalami planet ini seolah-olah kita ada di sana.