Perseverance Kembali Ambil Foto Mars yang Tandus Namun tetap Menakjubkan, Ini Penampakannya
Foto pemandangan Planet Mars yang tampak tandus diambil oleh Preseverance. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Lanskap Mars mungkin tandus dan berbahaya bagi kehidupan manusia, tetapi berkat foto-foto dari penjelajah canggih NASA, itu tidak membuatnya untuk terlihat kurang menakjubkan. Meskipun manusia belum menginjakkan kaki di Mars, robotika dan teknologi lainnya telah memungkinkan para astronom untuk menganalisis secara dekat planet misterius tersebut.

Apakah itu teleskop mutakhir, penemu, helikopter, pengorbit, atau sesuatu yang lain, manusia telah menemukan cara-cara inventif untuk mempelajari secara dekat sebuah planet yang belum pernah kita kunjungi.

Salah satu penjelajah yang berkontribusi pada eksplorasi Mars adalah Perseverance. Wahana ini sejak mendarat di Mars Februari lalu memiliki tujuan sederhana namun ambisius yakni untuk melintasi planet mencari kehidupan purba.

Banyak orang telah lama berteori bahwa Mars pernah menjadi rumah bagi makhluk asing. Jika ini benar, Perseverance akan menjadi bajak untuk menjawab pertanyaan itu sekali dan untuk selamanya. Hanya dalam beberapa bulan, Perseverance telah mengumpulkan sampel batuan Mars, menjelajahi area baru di planet ini, dan banyak lagi.

Cara lain Perseverance membuat dirinya sibuk adalah dengan mengambil ribuan foto dan membagikannya kepada semua orang untuk dilihat. Ke mana pun Perseverance pergi, dibutuhkan banyak foto dengan banyak kamera, membagikannya dengan NASA, dan NASA kemudian mengunggah semua file RAW itu untuk dijelajahi dunia.

Salah satu foto tersebut adalah yang terlihat di atas dan di bawah, yang menggambarkan lanskap luas di Mars. Gambar hitam-putih ini diperoleh oleh Perseverance pada 28 September pada waktu matahari rata-rata lokal 12:58 menggunakan Kamera Navigasi Kirinya.

Perseverance telah membagikan foto permukaan Mars yang tak terhitung jumlahnya, tetapi yang ini menonjol sebagai salah satu yang paling mengesankan. Tidak seperti kebanyakan gambar yang biasanya berbentuk bujur sangkar, yang satu ini adalah bidikan panorama Mars yang lebar.

Melihat foto tersebut, ada banyak yang dipamerkan. Ini menyoroti bukit pasir Mars yang bergulir, lautan batu yang tersebar di seluruh bukit pasir itu, dan pola terperinci di pasir yang ditinggalkan oleh badai angin dan debu. Semua ini berlatar langit Mars, yang tampak menakutkan dan menghantui bahkan tanpa cahaya kuning yang ikonik.

Meskipun gambar ini tidak selalu mengungkapkan sesuatu yang baru tentang Mars, ini adalah pengingat lain tentang betapa indah dan misteriusnya planet ini. Ini tidak memiliki kehidupan apa pun, memiliki suhu beku, dan tidak lain adalah debu, batu, dan pasir yang tak ada habisnya. Meski begitu, itu masih berhasil menjadi sangat memikat.

Masih belum jelas apakah Perseverance akan berhasil dalam perburuannya untuk kehidupan purba, tetapi selama terus mengambil foto seperti ini, maka NASA akan menganggap misi ini sebagai kemenangan.