GM Luncurkan Ultra Cruise, Fitur  Mengemudi <i>Hands-Free,</i> yang Makin Canggih
GM meluncurkan fitur Super Cruise pada 2017 untuk merek Cadillac-nya di AS. (foto: dok. General Motors)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors memperkenalkan fitur mengemudi hands-free barunya, Ultra Cruise, pada Rabu, 6 Oktober. Ini bukan sistem kemudi berbantuan pertama yang dibuat GM. Perusahaan meluncurkan fitur Super Cruise pada 2017 untuk merek Cadillac-nya di AS.

Sejak itu, diperluas ke model lain. Tahun lalu, Consumer Reports menemukan Super Cruise lebih baik daripada Tesla's Autopilot. Pada musim panas, GM mengumumkan fitur yang diperbarui untuk memasukkan perubahan jalur untuk truk dan SUV, tanpa menggunakan tangan. Versi yang diperbarui juga dianggap sebagai teknologi hands-free pertama di industri otomotif.

Ford dan BMW juga memiliki perangkat lunak mengemudi hands-free, masing-masing Co-Pilot 360 dan Extended Traffic Jam Assistant. Ford tersedia pada Mustang Mach-E, sementara program BMW ditawarkan pada model kelas atas.

Tesla adalah yang paling dikenal dengan fitur Autopilot-nya, tetapi telah menjadi berita karena banyaknya kecelakaan, yang menunjukkan betapa sulitnya untuk mendapatkan hak mengemudi hands-free. Tesla telah mengerjakan perangkat lunaknya sejak 2014.

Program hands-free terbaru GM, Ultra Cruise, cocok untuk "95 persen skenario mengemudi". Tujuan GM adalah untuk tidak mengalami kecelakaan dengan teknologi ini dan agar dapat digunakan di semua jalan beraspal di AS dan Kanada.

Sistem ini bekerja pada 2 juta mil jalan dan akan berkembang menjadi 3,4 juta mil. Akibatnya, pengemudi akan dapat melakukan hands-free di hampir setiap jalan, termasuk jalan raya, jalan pedesaan beraspal, dan jalan-jalan di kota-kota dan subdivisi.

Fitur Ultra

Ultra Cruise menggunakan "platform perangkat lunak Ultifi dan Platform Intelijen Kendaraan" 5-nanometer. Program ini akan dapat menambahkan fitur melalui "pembaruan over-the-air." Sistem ini memungkinkannya untuk memberi tahu GM saat pemrograman perlu ditingkatkan. Dengan begitu, perusahaan dapat terus meningkatkan perangkat lunak.

Ultra Cruise dibangun di atas fitur yang ditawarkan oleh Super Cruise. Pengemudi sekarang dapat mengikuti lalu lintas sambil mengikuti batas kecepatan, berbelok ke kiri dan kanan, menghindari objek dekat, parkir di jalan masuk perumahan, dan banyak lagi. Pengguna juga akan bisa mendapatkan "persepsi 360 derajat di sekitar kendaraan."

Sistem hands-free bekerja melalui LiDAR, radar, dan kamera untuk sepenuhnya melihat sekeliling kendaraan. Ultra Cruise juga dapat memberikan informasi kepada pengemudi dan memberi tahu mereka saat mereka perlu memegang kendali.

Ini dimungkinkan karena Antarmuka Mesin Manusia. Sistem ini membuat pengemudi tetap fokus dengan tampilan yang dapat mereka lihat dengan jelas di dasbor. GM saat ini membuat aplikasi Ultra Cruise yang akan menunjukkan kepada pengemudi statistik dan riwayat mereka, termasuk perjalanan. Ini hanya akan dapat dilihat saat mobil diparkir.

Ultra Cruise akan menjadi model mewah GM tertentu pada tahun 2023, dimulai dengan Cadillac. Mantan platform mengemudi berbantuan, Super Cruise, akan berada di merek utama.