Mobil Melaju <i>Hands Free</i>, Chip Quallcom Tenagai Utra Cruise dari GM
Mobil listrik produksi GM akan miliki chip Qualcomm yang lebih irit daya. (foto: general motors)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors pada Kamis, 6 Januari mengumumkan trio chip dari Qualcomm Inc akan memberi daya pada fitur bantuan pengemudi "Ultra Cruise" pada sedan Cadillac mewah produksi mereka tahun depan.

Chip Qualcomm akan menyediakan daya komputasi untuk Celestiq all-electric, sedan andalan yang direncanakan perusahaan tersebut. GM menyatakan bahwa Ultra Cruise ini akan memungkinkan mengemudi secara hands-free baik di jalan raya kota dan jalan bebas hambatan.

Bahkan fitur ini tersedia  untuk mencapai hingga 95% jalan di Amerika Serikat dan Kanada. Fitur baru ini, melampaui fitur Super Cruise GM saat ini yang hanya berfungsi di jalan raya.

"Ini adalah sistem yang diawasi, jadi Anda masih harus memperhatikan kemudi. Tetapi pada dasarnya apa yang kami lakukan adalah memberikan pengalaman hands-free kepada pengemudi di domain yang jauh lebih besar," kata Jason Ditman, chief engineer Ultra Cruise seperti dikutip oleh Reuters.

Di jantung sistem akan ada komputer seukuran dua laptop yang diapit bersama. GM akan menyediakan perangkat lunak untuk membuat sistem bekerja, dan Qualcomm menyediakan chip kunci - dua chip prosesor dan kemudian satu chip yang dirancang untuk mempercepat fungsi tertentu.

Kesepakatan itu merupakan tonggak sejarah bagi Qualcomm, yang mendominasi chip untuk ponsel dan telah mendiversifikasi bisnisnya. Meskipun Qualcomm memiliki banyak kesepakatan dengan pembuat mobil untuk menyediakan chip untuk pusat infotainment dan konektivitas 5G, tetapi GM adalah pembuat mobil pertama yang menggunakan chip "Snapdragon Ride" Qualcomm untuk fitur self-driving.

Qualcomm kini bersaing dengan pesaingnya, seperti Nvidia Corp (NVDA.O) dan Mobileye dari Intel Corp untuk memenangkan kesepakatan dengan pembuat mobil untuk chip self-driving. Efisiensi energi chip merupakan persyaratan utama bagi pembuat mobil di kendaraan listrik, di mana komputer harus bersaing untuk masa pakai baterai yang terbatas dengan drive train.

Qualcomm bertujuan untuk menggunakan chip pembuatan sejarah untuk ponsel, di mana daya tahan baterai adalah nilai jual utama, untuk memikat pembuat mobil.

Ditman GM tidak akan mengungkapkan berapa banyak daya yang digunakan komputer Ultra Cruise, tetapi perangkat ini berpendingin udara, yang berarti chip tersebut kemungkinan mengkonsumsi lebih sedikit daya dan menghasilkan lebih sedikit panas daripada penawaran saingan yang membutuhkan pendingin cair.

"Kami sangat sadar dengan konsumsi daya kami," kata Ditman.