Cara <i>Screen Mirrorring</i> Layar Ponsel ke TV, Buat Nonton Jadi Lebih Asyik!
Cara Screen Mirrotring Layar Smartphone ke TV, Buat Nonton Jadi Lebih Asik! (GooglePlay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seiring teknologi yang semakin maju banyak hal dapat dilakukan, salah satunya adalah menampilkan yang ada di ponsel Anda ke layar TV atau sering disebut dengan screen mirroring.

Screen Mirroring merupakan fitur yang memungkinkan pengguna menduplikat layar ponsel untuk berbagai macam keperluan, seperti presentasi, menonton film bersama dan sebagainya.

Untuk melakukan Screen Mirroring atau menduplikat layar ponsel ke TV pun cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna dapat memilih dia opsi yakni dengan kabel, dan nirkabel.

Jika Anda ingin melakukan Screen Mirroring, tetapi tidak tahu melakukannya, di bawah ini tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan baik menggunakan kabel maupun nirkabel.

Cara Screen Mirroring Menggunakan Kabel

Hal awal yang perlu dipastikan untuk menduplikat layar ponsel ke TV adalah memperhatikan port kabel di ponsel Anda. Pasalnya, terdapat 2 macam kabel yang bisa digunakan, yaitu kabel MHL yang memiliki sambungan micro USB ke HDMI, serta kabel micro HDMI ke HDMI.

Langkah pertama untuk melakukan screen mirroring menggunakan kabel adalah memastikan TV dalam kondisi mati. Setelah itu, masukkan kabel dengan ujung pipih ke HP, sementara ujung lainnya dicolokkan ke port HDMI di TV.

Berikutnya, hidupkan TV dan aktifkan mode HDMI, kemudian cek notifikasi di ponsel Anda dan centang kotak pada pilihan HDMI Connection.

Dengan demikian pada layar TV Anda akan muncul konten yang terdapat di layar ponsel Anda.

Cara Screen Mirroring Tanpa Kabel

Untuk melakukan duplikat layar ponsel ke TV tanpa kabel, pengguna bisa memanfaatkan fitur Miracast atau Wireles yang tersedia di ponsel Anda.

Akan tetapi, tidak semua ponsel memiliki fitur tersebut sehingga Anda dapat memastikan terlebih dahulu apakah perangkat Anda memiliki fitur tersebut atau tidak.

Ada pun TV yang Anda gunakan adalah smart TV atau jenis TV yang mendukung penggunaan Screen Mirroring.

Pengguna harus menyeting ponsel dan juga TV yang digunakan supaya Screen Mirroring dapat dilakukan dengan baik. Adapun cara menyeting Screen Mirroring adaah sebagai berikut.

Setting Screen Mirroring pada TV

Untuk mengatur Screen Miroring pada TV Anda, langkagh pertama yang dapat Anda lakukan adalah klik "source" yang ada di tombol remote, lalu pilih screen mirroring.

Setelah itu, TV bakal memindai perangkat selama dua menit. Sebelum waktu pemindaian habis, Anda harus mengaktifkan fitur Miracast di ponsel Anda.

Screen Mirroring di TV berbeda-beda sesuai dengan merek yang digunakan. Namun, secara garis besar pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang ada di atas.

Setting Miracast pada Ponsel

Sama seperti mengaktifkan Screen Mirroring di TV, cara setting Miracast di ponsel berbeda-beda, tetapi secara garis besar langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama adalah masuk ke menu Pengaturan di perangkat Anda dan pilih "more". Selanjutnya, hidupkan "wireless display" pada perangkat Anda.

Setelah itu, ponsel Anda akan memindai nama TV di sekitar yang mengaktifkan Screen Mirroring. Pilih nama TV yang akan digunakan untuk duplikat layar.

Demikianlah cara melakukan Screen Mirroring atau duplikat layar ponsel Anda ke TV. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.