Komplet! Krisis BBM dan Listrik, Lalu Internet Mati, Kerusuhan Muncul di Kazakhstan
Kazakhstan, negara terbesar kedua di dunia dalam hal tingkat hash penambangan Bitcoin (BTC). (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Rabu, 5 Januari, Kazakhstan, negara terbesar kedua di dunia dalam hal tingkat hash penambangan Bitcoin (BTC), mengalami kerusuhan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini terjadi karena kenaikan tajam harga bahan bakar.

Akibatnya, ketua kabinet  negara itu terpaksa mengundurkan diri, setelah  Kazakhtelecom milik negara menutup jaringan internet negara itu, yang menyebabkan aktivitas jaringan turun hingga 2% dari rata-rata  harian.

Langkah ini memberikan pukulan telak terhadap aktivitas penambangan Bitcoin di negara tersebut. Sesuai data yang dikumpulkan oleh YCharts.com, tingkat hash keseluruhan jaringan Bitcoin turun 13,4% dalam beberapa jam setelah penutupan dari sekitar 205.000 petahash per detik (PH/s) menjadi 177.330 PH/s. Sebelumnya, negara ini menyumbang 18% dari aktivitas hash jaringan Bitcoin.

Hanya beberapa hari sebelumnya, pemerintah Kazakh menghapus batas harga pada bahan bakar gas cair yang digunakan untuk bahan bakar mobil untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar, yang menggandakan harga sebelumnya, yang telah memicu protes kekerasan.

Pada Kamis, 6 Januari,  internet belum pulih dan tetap tidak dapat diakses di Kazakhstan. Jika diperpanjang, konsekuensinya bisa parah karena selain layanan internet, Data Center Industry & Blockchain Association of Kazakhstan mengharapkan negara itu menghasilkan  1,5 miliar dolar AS dari penambangan cryptocurrency legal dan sebesar  1,5 miliar dolar AS lainnya dalam kegiatan penambangan ilegal selama lima tahun ke depan.

Harga energi yang rendah di negara itu telah menarik entitas domestik dan asing untuk mendirikan toko untuk penambangan Bitcoin. Menurut Harga Bensin Global, biaya listrik di Kazakhstan rata-rata hanya  0,055 dolar AS per kWh untuk bisnis, jauh lebih kecil  dari  biaya listrik di AS sebesar 0,12 dolar AS per kWh.