Penambang Kripto Tak Mau Dijadikan Kambing Hitam Krisis Listrik di Kazakhstan, Ini Alasannya!
Para penambang kripto Kazakh , tak mau jadi kambing hitam krisis listrik. (foto; undplash)

Bagikan:

JAKARTA – Kazakhstan, negara yang menjadi penambangan Bitcoin terbesar kedua di dunia, telah menutup tambang kripto hingga akhir Januari 2022.

Penyedia listrik di negara itu, KEGOC, membuat keputusan untuk memotong pasokan ke para penambang setelah jutaan orang terkena dampak pemadaman listrik di tiga negara di Asia Tengah pekan lalu.

Akan tetapi penambang kripto menuduh KEGOC menyalahkan mereka atas masalah catu daya, dan memperkirakan kerugian dari ketidakaktifan sekitar 1 juta dolar AS per hari.

Sergey Putra, Wakil Presiden Asosiasi Industri Blockchain dan Pusat Data Republik Kazakhstan (NABDC) mengatakan kepada kantor berita milik pemerintah, Khabar, bahwa  'Penambang tidak memberikan beban yang fantastis.

“Mereka tidak meningkatkan konsumsi listrik dua atau tiga kali lipat. Ini hanya 7% dari seluruh pasar Kazakhstan, untuk semua penambang. Peralatan berdiri, dan terus bekerja. Tidak terjadi bahwa peralatan ini bekerja pada jam ini dan mengkonsumsi tiga kW, dua jam berikutnya dan kemudian mengkonsumsi 10 kW selama dua menit,” Putra yang juga dikutip oleh Dailymail.

“Tidak, selalu memiliki konsumsi daya yang konsisten,” tambah Putra.

Kazakhstan, Uzbekistan dan Kirgistan, tiga negara yang mengalami pemadaman listrik dan kehilangan pasokan pemanas, memiliki sistem kelistrikan yang dihubungkan bersama oleh jaringan listrik era Uni Soviet.

Pemadaman listrik menyebabkan kekacauan di seluruh wilayah selama beberapa jam. Seperti kereta bawah tanah terjebak di terowongan dan pemain ski di lift. Bahkan bandara terpaksa ditutup, pemanas distrik dan pompa air keran mati dan lampu lalu lintas mati.

Saat kekuatan listrik sebagian besar kembali normal, penyebab teknis dari masalah ini belum diketahui. Sementara para penambang kripto Kazakh menuduh KEGOC menggunakan mereka sebagai kambing hitam atas masalah ini.

Alan Dorjiyev, presiden NABDC mengatakan kepada situs berita, bahwa KEGOC memutus pasokan listrik para penambang sejak 17 Januari lalu.

“Setiap kali ada masalah di jaringan listrik negara, KEGOC mengarahkan jari mereka ke para penambang. Sekarang mereka punya alibi,” kata Dorjiyev.

Awal bulan ini, harga Bitcoin merosot ke posisi terendah yang tidak terlihat sejak September di tengah pemadaman internet di Kazakhstan yang dilanda krisis.

Jaran Mellerud, seorang analis di perusahaan wawasan mata uang kripto Arcane Research, mengatakan kepada Wired bahwa dia memperkirakan bahwa penutupan internet di tengah kerusuhan politik awal bulan ini mungkin telah merugikan penambang Kazakh sekitar 20 juta dolar AS atau 4,8 juta dolar AS untuk setiap 24 jam tanpa internet.

Bitcoin yang menjadi kripto yang paling banyak digunakan di dunia kehilangan nilainya sebanyak delapan persen dan jatuh ke bawah 41.000 dolar AS, karena investor membuang koin crypto mereka, sebagian didorong oleh peristiwa yang sedang berlangsung di negara Asia Tengah.