Para Penambang Bitcoin Mulai Berpaling dari Kazakhstan ke El Salvador
Penambang Bitcoin mulali angkat kaki dari Kazakhstan. (Kanchanara - Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Kazakhstan telah menjadi surga baru penambang Bitcoin karena menawarkan biaya listrik dan pajak termurah di dunia. Bagaimana tidak, penambang hanya dikenai pajak sebesar 20 sen per KWh dalam satu bulan saja. Negara tersebut menawarkan daya tarik bagi para miner Bitcoin.

Apalagi setelah pemerintah China mengusir para penambang Bitcoin. Para penambang akhirnya memutuskan untuk beralih ke Kazakhstan. Namun, itu tidak berlangsung lama. Pasalnya negara tersebut mendadak mengalami krisis energi sebagai dampak dari penambangan kripto.

Kazakhstan beberapa kali tercatat melakukan pemadaman, kondisi ini memaksa pemerintah untuk menaikkan pajak penambangan dan tarif energi listriknya. Kenaikan pajak penambangan tersebut dinilai akan berdampak negatif bagi industri mining.

Mengutip CryptoPotato, pada 14 April Menteri Ekonomi Nasional, Alibek Kuantyrov, mengatakan dalam pengarahan pemerintah bahwa timnya sedang mengerjakan rencana pajak yang akan menghubungkan pembayaran pajak dengan nilai mata uang kripto yang ditambang.

Menurut pernyataan Kuantyrov, pertama kali dilaporkan oleh ForkLog, ini akan membantu negara secara finansial dalam pengumpulan pajak, karena diartikan sebagai peningkatan anggaran negara. Namun, keputusan ini dapat menyebabkan banyak penambang melirik negara lain seperti El Salvador, di mana pajak penambangan akan menjadi 10 persen tetap untuk membiayai pembangunan dan layanan Kota Bitcoin.

“Kami sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan beban pajak bagi penambang, saat ini kami juga mempertimbangkan untuk menghubungkan tarif pajak untuk penambang dengan nilai cryptocurrency. Jika [nilai] cryptocurrency tumbuh, itu akan baik untuk anggaran.”

Mulanya Kazakhstan menyambut para penambang dengan tangan terbuka. Namun keramahan tersebut berubah dalam beberapa bulan kemudian. Selain menaikkan tarif listrik dan pajak, pemerintah juga dikabarkan menutup berbagai lokasi penambangan Bitcoin. Mereka juga aktif memburu para penambang ilegal yang masuk ke negara.

Denis Rusinovich, salah satu pendiri Cryptocurrency Mining Group (CMG), sebuah perusahaan yang beroperasi sejak 2017 di Kazakhstan, mengatakan bahwa dari satu momen ke momen berikutnya, negara itu “berubah dari menjadi pahlawan menjadi tidak ada apa-apanya,” sehingga mengutuk tindakan regulasi yang diterapkan oleh pemerintah.

Alan Dorjiyev, Direktur Asosiasi Nasional Industri Blockchain dan Pusat Data Kazakhstan, mengatakan kepada outlet berita lokal bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan retribusi pajak energi yang berkorelasi dengan harga bitcoin.

“Sebuah gradasi sedang dipertimbangkan: misalnya, hingga 40.000 dolar AS [harga bitcoin] satu pajak, lebih dari 40.000 dolar AS pajak lain dan seterusnya. Tapi ini masih dalam tahap diskusi.”

Saat ini melakukan kegiatan pertambangan di dalam negeri bisa menjadi agak kontraproduktif, mengingat setiap saat, kenaikan tarif listrik dapat diumumkan, apalagi pemadaman listrik berulang yang dialami penambang sejak Januari di banyak lokasi. Situasi ini diklaim belum sepenuhnya bisa pulih.