Miss Universe El Salvador Kenakan Simbol Bitcoin dalam Busananya, Bikin Kaget Penonton
Miss Universe asal El Salvador Alejandro Guajardo kenakan kostum bertema evolusi uang di negaranya. (Foto; Dok. Bitcoin News)

Bagikan:

JAKARTA – Alejandro Guajardo adalah perempuan yang mewakili negaranya, El Salvador, dalam kontestasi Miss Universe 2023. Perempuan berparas cantik itu sempat mencuri perhatian publik karena tampilan kostumnya dalam penampilan pada Rabu, 11 Januari kemarin.

Dalam pertunjukan Busana Nasional Miss Universe ke-71, Guajardo berjalan ke atas panggung dengan mengenakan kostum yang dilengkapi dengan hiasan simbol Bitcoin. Ini merepresentasikan evolusi mata uang di negaranya, mulai dari kakao, fiat, hingga cryptocurrency. Busana tersebut dirancang oleh Fracisco Guerrero.

Selain itu, kostum nasional Miss El Salvador menampilkan biji kakao, colón, dolar AS, dan simbol Bitcoin. Awalnya, kakao digunakan sebagai mata uang di El Salvador. Colón menjadi mata uang resmi El Salvador dari tahun 1892 sampai digantikan oleh dolar AS pada Januari 2001. Warna dominan kostum ini adalah emas, perak, dan perunggu.

Sebagai informasi, pada hari Selasa 9 September 2021, El Salvador resmi mengesahkan Bitcoin sebagai alat tukar resmi negara. Presiden El Salvador, Nayib Bukele telah mengambil langkah yang berani dengan mengadopsi Bitcoin. El Salvador menjadi sorotan dunia.

Meski demikian, tidak sedikit yang skeptis dengan keputusan tersebut. Sebagian penduduk El Salvador mengkhawatirkan volatilitas mata uang kripto. Harga aset kripto bisa melambung tinggi namun juga bisa terjun bebas.

Tentunya adopsi Bitcoin tersebut bisa memudahkan pengiriman uang dari luar negeri. Transfer bisa lebih cepat dan efisien ketimbang via bank. Meski begitu, langkah El Salvador tidak lepas dari pro kontra. Kini bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador bersama dolar AS.

El Salvador menjadi negara pertama yang menjadikan mata uang kripto terbesar di dunia sebagai alat pembayaran yang sah pada September 2021. Sejak itu, negara yang dipimpin oleh presiden pro-bitcoin Nayib Bukele ini telah membeli ribuan BTC untuk perbendaharaannya. Pada November tahun lalu, Bukele mengumumkan bahwa negaranya akan membeli bitcoin setiap hari.