IMF Peringatkan El Savador pada Risiko Penggunaan Bitcoin, Nayib Bukele Tetap <i>Cuek</i>
Presiden Nayib Bukele tak peduli dengan himbauan IMF. (foto: dok. twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota dewan eksekutif di Dana Moneter Internasional mendesak anggota parlemen di El Salvador untuk tidak lagi mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

IMF melaporkan pada Selasa, 25 Januari, bahwa meskipun pembayaran digital memiliki potensi untuk meningkatkan inklusi keuangan di negara Amerika Tengah itu, penggunaan Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran yang sah membawa “risiko besar” terkait dengan stabilitas keuangan, integritas keuangan, dan perlindungan konsumen.

Direktur dewan eksekutif mendesak pihak berwenang di El Salvador untuk “mempersempit ruang lingkup undang-undang Bitcoin dengan menghapus status tender legal Bitcoin,” juga mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi risiko penerbitan obligasi yang didukung Bitcoin.

Rekomendasi para pejabat datang setelah kesimpulan dari konsultasi Pasal IV di El Salvador. Menurut IMF, selama konsultasi semacam itu, tim ekonom mengunjungi suatu negara “untuk menilai perkembangan ekonomi dan keuangan dan mendiskusikan kebijakan ekonomi dan keuangan negara tersebut dengan pejabat pemerintah dan bank sentral.”

Sebelum penerapan Hukum Bitcoin El Salvador pada September 201, pejabat IMF memperingatkan bahwa beberapa konsekuensi dari negara yang mengadopsi BTC sebagai mata uang nasional “bisa mengerikan,” termasuk risiko harga domestik menjadi sangat tidak stabil, dan aset menjadi tidak stabil digunakan bertentangan dengan tindakan Anti Pencucian Uang dan Pemberantasan Pendanaan Terorisme.

IMF sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan kepada negara-negara kecil yang mempertimbangkan untuk mengadopsi kripto dan  mengklaim bahwa untuk melakukannya akan “meningkatkan risiko terhadap stabilitas makroekonomi dan keuangan serta integritas keuangan.”

Sejak Undang-undang Bitcoin mulai berlaku pada bulan September 2021, Presiden El Salvador Nayib Bukele telah menggunakan akun Twitter-nya untuk mengumumkan beberapa pembelian BTC dengan total 1.801 BTC – bernilai sekitar 67 juta dolar AS pada saat publikasi. Pembelian terbaru 410 BTC terjadi karena harga aset kripto turun di bawah 37.000 dolar AS untuk pertama kalinya sejak Juli 2021.

Cointelegraph melaporkan pada 14 Januari bahwa pengakuan El Salvador atas BTC sebagai alat pembayaran yang sah dapat memengaruhi prospek kredit negara, menurut Moody's Investors Service. Analis Jaime Reusche dilaporkan mengatakan bahwa Bitcoin “tentu saja menambah portofolio risiko” dari sebuah negara yang telah berjuang dengan masalah likuiditas.

Menurut data dari Cointelegraph Markets Pro, harga Bitcoin adalah 36.550 dolar AS pada saat publikasi berita ini, telah turun lebih dari 12% dalam tujuh hari terakhir. Aset kripto turun sebentar ke 33.000 dolar pada 24 Januari sebelum kembali ke 36.000 dolar AS.