Kripto Polkadot (DOT) Bakal Jadi Sponsor Resmi FC Barcelona, Gantikan Rakuten?
Polkadot berpeluang jadi sponsor resmi FC Barcelona. (Coin2Day)

Bagikan:

JAKARTA – Klub sepak bola papan atas liga Spanyol, FC Barcelona akan menentukan Polkadot (DOT) dan Spotify untuk jadi sponsor baru yang akan dipajang di jersey resminya. FC Barcelona berpeluang besar menjalin kemitraan dengan protokol blockchain Polkadot sebagaimana dilansir dari Cryptopotato.

Hingga saat ini sponsor resmi FC Barcelona masih dipegang oleh Rakuten, perusahaan e-commerce asal Jepang. Kemitraan Rakuten dengan FC Barcelona akan berakhir pada bulan Juli tahun 2022 ini. Klub sepak bola asal Catalan tersebut dikabarkan akan menandatangani kesepakatan baru dengan perusahaan baru.

Pengumuman yang beradar belakangan ini, salah satu opsinya adalah Polkadot, jaringan blockchain yang didirikan sejak tahun 2016 dan DOT telah menjadi pusat perhatian berbagai kalangan pada tahun lalu.

FC Barcelona menyebut Polkadot sebagai platform yang memungkinkan “jumlah transaksi yang tinggi dalam hitungan detik.” Lebih spesifik lagi, proyek tersebut bisa menjalankan transaksi 1.000 TPS dan jika sudah beroperasi penuh diklaim bakal mampu menangani sebanyak 1.000.000 transaksi per detiknya.

Calon sponsor resmi FC Barcelona lain yakni platform layanan streaming musik Spotify juga berpeluang menjadi sponsor. Namun pihak klub mengungkapkan bakal mmeriksa opsi secara menyeluruh dan memilih sponsor untuk mendukung strategi jangka panjang klub.

“Klub telah memutuskan untuk mengambil hal-hal dengan sabar untuk menganalisa secara mendalam setiap proposal dalam pengadaan untuk mencapai kesepakatan yang paling menguntungkan dalam jangka panjang.”

Beberapa bulan lalu, FC Barcelona telah menjalin kerjasama dengan marketplace NFT Ownix . Kemitraan tersebut ditujukan untuk merilis koleksi NFT bagi para penggemarnya. Tidak lama setelah itu, FC Barcelona membatalkan kemitraan tersebut karena Moshe Hogeg (yang terkait dengan Ownix) ditangkap karena sejumla pelanggaran seperti penipuan dan kekerasan seksual.

Alasan mengapa protokol blockchain mendapat banyak perhatian adalah karena pendekatan parachain yang inovatif. Sederhananya, fitur ini memungkinkan koneksi dari blockchain yang berbeda satu sama lain. Ini juga memungkinkan pengguna untuk membangun blockchain dengan kerangka kerja Substrat mereka dan menjembatani jaringan Polkadot dengan proyek lain seperti Ethereum dan Bitcoin.

Pada bulan November tahun lalu, tim di belakang protokol meluncurkan Auction slot Parachain pertamanya. Itu mengandalkan jaringan Kusama untuk menguji konsep panjang lebar.

Awal bulan ini, platform smart-contract Moonbeam menjadi parachain pertama yang beroperasi penuh di Polkadot. Ia berencana untuk membawa beberapa integrasi, aktivitas, dan pengguna baru untuk meningkatkan ekosistem Polkadot dan berkontribusi pada pertumbuhan jaringan.