Pendiri Polkadot (DOT) Gavin Wood Sumbang Kripto Senilai Rp71,7 Miliar untuk Ukraina
Pendiri kripto Polkadot Gavin Wood donasikan ratusan ribu DOT untuk Ukraina. (Foto: Quantitatives-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Gavin Wood selaku pendiri kripto Polkadot (DOT) dikabarkan memberikan sumbangan uang kripto kepada Ukraina. Tidak tanggung-tanggung, Wood mendonasikan sebanyak 298.367.2269896686 DOT, jumlah tersebut jika dikonversi ke dolar senilai 5,7 juta dolar AS (setara Rp71,7 miliar).

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov mengumumkan melalui Twitter bahwa pihaknya menerima bantuan dalam tiga jenis kripto yakni Bitcoin, Ethereum, dan USDT. Fedorov mencantumkan tiga address wallet bagi donatur yang ingin mengirimkan ketiga jenis kripto tersebut.

Kendati postingan tersebut dikomentari oleh 1.600-an pengguna Twitter dan telah di-retweet sebanyak 7.950, Fedorov tidak mencantumkan alamat kripto DOT untuk holder Polkadot yang ingin menyumbangkan kepemilikannya. Karenya, komunitas kripto meminta Ukraina supaya menerima donasi dalam koin Polkadot.  

Permintaan tersebut langsung direspon oleh akun Twitter resmi pemerintah Ukraina yang mengumumkan bahwa pihaknya menerima donasi dalam Polkadot serta mencantumkan address wallet DOT. Selain itu, kripto lain juga ditambahkan termasuk Solana (SOL).

Cointelegraph melaporkan total sumbangan kripto untuk badan amal Ukraina, militer dan pemerintah telah lebih dari 37 juta dolar AS. Sumbangan tunggal dari Gavin Wood sendiri lebih dari 10 persen dari total sumbangan kripto.

Ini merupakan sumbangan terbesar yang diberikan oleh individu. Selain itu, platform Sam Bankman-Fried, FTX, menyumbangkan 25 dolar AS untuk setiap orang Ukraina di yang terdaftar di platformnya. Sementara itu CEO Deepak Thapliyal dari Chain.com menyumbangkan 100 Ether (ETH), atau lebih dari 280.000 dolar AS (sekitar Rp4,2 miliar).

Selain pendiri DOT Gavin Wood, ekosistem Polkadot juga turut menyumbang lebih dari 210.000 dolar AS (sekitar Rp3,1 miliar) ke dompet DOT resmi untuk Ukraina sejak pagi ini, menurut data blockchain Polkadot.

Hingga saat ini donasi kripto untuk Ukraina masih berlangsung. Donasi tersebut akan digunakan untuk menyediakan peralatan militer, medis, dan keperluan lainnya bagi warga Ukraina.