Ukraina Terima Pendapatan Besar dari Donasi <i>Cryptocurrency</i>
Ukraina terima donasi cryptocurrency. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto telah menjadi elemen penting bagi perekonomian hari ini meski bank sentral bersikap keras memerangi cryptocurrency. Aset digital ini juga berperan penting bagi negara yang dilanda perang seperti Ukraina.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina, Alex Bornyakov. Pada 26 Juli dia menyatakan bahwa cryptocurrency penting bagi Ukraina dalam memerangi Rusia. Karenanya, dia mengumumkan kembali membuka donasi mata uang kripto di postingan Twitter-nya.

Ini merupakan respon Bornyakov terhadap pemberitaan media nasional The Kyiv Independent, yang mencatat kendati kripto crash, itu tetap dibutuhkan oleh Ukraina guna mendukung militer dan kemanusiaan di negara tersebut.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, Ukraina telah menerima sumbangan kripto pada Februari 2022. Sejak itu, sejumlah perusahaan dan tokoh penting dari industri kripto mendonasikan mata uang kripto mereka termasuk Binance, Changpeng Zhao, dan pendiri Ethereum Vitalik Buterin serta pendiri Polkadot Gavin Wood.

“Mendukung rakyat Ukraina. Sekarang menerima sumbangan cryptocurrency. Ethereum. Bitcoin and Tether (USDTtrc20),” tulis postingan Twitter Bornyakov pada 26 Februari lalu.

Dalam postingan tersebut, dia juga mencantumkan sejumlah alamat mata uang kripto BTC, ETH, dan USDT seperti berikut ini:

BTC — 357a3So9CbsNfBBgFYACGvxxS6tMaDoa1P

ETH — 0x165CD37b4C644C2921454429E7F9358d18A45e14

USDT (trc20) — TEFccmfQ38cZS1DTZVhsxKVDckA8Y6VfCy

Sampai hari ini, Kementerian Transformasi Digital Ukraina telah mengumpulkan lebih dari 60 juta dolar AS dari sumbangan kripto BTC, ETH, USDT, DOT, SOL, dan USDC di situs web Aid for Ukraina.

Selain mata uang kripto, Ukraina juga meneriman sumbangan aset digital NFT (Non-Fungible Token). Sebagian dana yang terkumpul, selain untuk memenuhi kebutuhan militer, dana juga digunakan untuk membuat museum virtual.

Ini ditujukan untuk memamerkan momen bersejarah perang Ukraina dan Rusia. Ukraina telah menerima pemasukan dari kripto sekitar lebih dari 100 juta dolar AS pada Maret 2022.

Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina menambahkan bahwa terlepas dari penurunan market kripto di fase bear market dan crypto winter yang terjadi dalam beberapa bulan belakangan, donasi kripto telah memperkuat pasukan Ukraina.

Lebih lanjut Bornyakov menyatakan bahwa bear market akan berganti dengan bull market. Dia memandang market kripto akan pulih sebagaimana sebelumnya.