Pendiri Kripto Polkadot (DOT) Gavin Wood Undur Diri dari Jabatan CEO, Ini Alasannya!
Pendiri kripto Polkadot Gavin Wood tinggalkan jabatan CEO. (Foto; Dok. Exorbit)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri dan pencipta Polkadot (DOT), Gavin Wood, belum lama ini memutuskan untuk melepas jabatannya dari CEO perusahaan penyedia infrastruktur jaringan Polkadot, Parity Technologies. Kendati begitu, sosok yang turut serta mendirikan Ethereum itu tidak sepenuhnya hengkang dari perusahaan.

Bersamaan dengan keputusan tersebut, Wood juga mengungkapkan bahwa jabatan CEO hanya bersifat sementara dan tidak dapat membantunya menemukan kebahagiaan sejati. Meski tidak lagi menjabat CEO, Wood masih akan terlibat dalam Parity Techonogies. Wood akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Parity, dan akan bertransisi ke peran baru sebagai “Kepala Arsitek”.

“Peran CEO tidak pernah menjadi salah satu yang saya dambakan,” kata Wood dalam sebuah pernyataan tentang transisi pada hari Jumat.

“Saya bisa berperan sebagai CEO dengan cukup baik untuk sementara waktu, tetapi itu bukan tempat saya akan menemukan kebahagiaan abadi,” tambahnya.

Keputusannya melepas jabatan CEO akan membuatnya lebih fokus pada coding blockchain terbaru dan pengembangan teknologi web3. Dia juga mengatakan dia akan mengarahkan fokusnya untuk membuat Polkadot dan Web 3 lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

Posisi CEO Digantikan Björn Wagner

Salah satu pendiri Parity yang lain, Björn Wagner akan mengisi kekosongan posisi CEO perusahaan yang ditinggalkan Wood. Dia sebelumnya menjabat sebagai CCO perusahaan sebelum akhirnya menggantikan posisi Wood yang melepas jabatannya.

Menurut keterangan Crunchbase, sebagai CCO Parity, Björn mendorong pengembangan komersialisasi, kemitraan, dan produk. Björn memiliki keahlian dalam otomasi industri dan digitalisasi. Penerus Wood itu memegang gelar MSc. di bidang Teknik Mesin dan Administrasi Bisnis dari RWTH Aachen University. Ia juga pernah belajar di University of California Santa Barbara dan Hong Kong University ofScience and Technology.

Di sisi lain, Gavin Wood sendiri adalah peserta awal dalam ekosistem kripto. Dia berkontribusi dalam pengembangan Ethereum hanya satu bulan setelah Vitalik Buterin mengeluarkan whitepaper awalnya.

Saat ini fokus utama Polkadot adalah membantu blockchain yang terpisah untuk bisa berkomunikasi satu sama lain. Kemampuan ini memungkinkan jaringan berbeda dapati dioperasikan dan transfer lintas jaringan dapat dilakukan. Sementara mata uang kripto Polkadot, DOT, kini menempati urutan ke-12 kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya sebagaimana data CoinMarketCap.