Ini Kelebihan Polkadot yang Tidak Dimiliki Ethereum!
Kripto Polkadot. (NewsBTC)

Bagikan:

JAKARTA – Kripto Ethereum (ETH) tidak sendirian sebagai blockchain yang memiliki kemampuan yang kompleks. Kripto nomor dua berdasarkan kapitalisasi pasarnya itu memiliki rival yang disebut “Ethereum Killer”. Polkadot (DOT) masuk ke dalam salah satu kripto yang disebut sebagai pembunuh Ethereum.

Head of Public Affairs dari Parity Technologies, Peter Mauric, menilai bahwa Polkadot merupakan satu-satunya protokol yang sesuai untuk blockchain yang terukur, cepat, aman, dan dapat digunakan.

Dalam sebuah wawancara dengan CryptoPotato, Mauric menguraikan beberapa manfaat besar Polkadot dibandingkan Ethereum dan membahas tantangan fitur unggulan DOT, parachains.

Karena peluncuran resmi komunitas pada tahun 2020 – tiga tahun setelah ICO – Protokol Polkadot telah melihat peningkatan besar dalam adopsi. Terlepas dari kenaikan nilai DOT, infrastruktur blockchain Polkadot telah menjadi rumah bagi banyak tugas terkait kripto, bersama dengan DeFi dan stablecoin.

Dalam wawancara, Mauric menggambarkan permintaan spektakuler ini sebagai “semua orang tampaknya bersiap-siap untuk revolusi tambahan dan Polkadot adalah satu-satunya protokol yang cocok.”

Sebagai protokol yang sebagian fitur serupa Ethereum, Mauric bahwa kedua platform tersebut berbeda. Meskipun demikian, ia mengklaim bahwa selain itu mereka memiliki variasi penting.

“Seperti yang telah kita lihat, setiap hal kecil di Ethereum adalah iterasi pada platform kontrak yang masuk akal (yaitu) mono-chain dan Polkadot tidak,” kata Mauric.

Menurut laporan Coinspeaker, Parity sendiri telah bekerja di blockchain Ethereum dan menyadari kekurangannya. Mauric menambahkan: “Ini selalu menjadi bukti ide untuk keahlian, sekarang kami telah menyadari lebih banyak dari keahlian ini dan menerapkan peningkatan ini di Polkadot.”

Sebagai informasi, Polkadot merupakan adalah blockchain dengan jaringan inti — relay chain, di mana blockchain lain terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Relay chain juga menjamin keamanan dan transaksi dalam jaringan sehingga dapat berfungsi dengan lancar.

Parachains Polkadot

Keunggulan yang dimiliki Polkadot adalah Parachains yang merupakan blockchain individu layer-1 yang mampu berjalan secara paralel dalam ekosistem Polkadot, baik di jaringan Polkadot maupun Kusama, dilansir dari Cointelegraph.

Parity telah menguraikan rencana untuk membangun parachains untuk meningkatkan pasokan aset, mengurangi biaya, dan meningkatkan keahlian konsumen. Parachains terhubung ke Relay Chain inti, ia dapat berbagi dan mendapat manfaat dari keamanan, skalabilitas, interoperabilitas, dan tata kelola Polkadot.

Menurut Mauric, Parachains ini akan menjadi protokol blockchain layer-1 generasi berikutnya.

“Dalam 5 tahun, saya mengandalkan sebagian besar dari protokol blockchain Layer 1 yang bermanfaat untuk di-host atau ditautkan ke Polkadot,” kata Mauric. Dia juga menambahkan bahwa keuangan terdesentralisasi atau DeFi mengalami peningkatan luar biasa, dan Polkadot bisa masuk ke berbagai bidang.