Bagikan:

JAKARTA – FC Barcelona telah menandatangani kesepakatan sponsor kaus (apparel) dan stadion dengan platform streaming audio Spotify. Kepastian ini diumumkan oleh klub asal Catalan itu pada Selasa, 15 Maret.

Merek Spotify dipastikan akan muncul di bagian depan kaus tim pria dan wanita FC Barcelona selama empat musim, dimulai pada  kompetisi 2022/23 nanti. Perusahaan juga akan menjadi merek pertama yang mensponsori stadion klub, yang kini akan disebut Spotify Camp Nou.

"Visi dari kemitraan ini adalah untuk menciptakan platform baru untuk membantu seniman berinteraksi dengan komunitas global penggemar FC Barcelona," kata klub itu dalam sebuah pernyataan, yang dikutip Reuters.

Baik Barcelona maupun Spotify tidak mengkonfirmasi rincian besaran kontrak dari kesepakatan tersebut. Akan  tetapi menurut stasiun radio Catalan Rac1, kesepakatan tersebut bernilai 280 juta euro (Rp4,4 triliun).

Sebelumnya pengecer asal Jepang, Rakuten, telah mensponsori tim putra El Barca sejak 2017 sementara pembuat alat Stanley Black & Decker menjadi sponsor kemeja resmi tim putri pada 2018.

“Kami sangat bangga mengumumkan aliansi perintis seperti ini dengan organisasi terkenal di dunia seperti Spotify. Kemitraan ini akan memungkinkan kami untuk terus membawa Klub lebih dekat dengan para penggemarnya dan membuat mereka semakin merasa menjadi bagian dari keluarga Barça melalui pengalaman unik,” kata Joan Laporta, Presiden FC Barcelona, seperti dikutip dari lama resmi klub itu.

“Menggabungkan dua aktivitas seperti hiburan dan sepak bola, memungkinkan kami untuk terhubung dengan yang baru penonton di seluruh dunia,” tambah Laporta.

Sementara pihak spotify juga menyambut gembira kesepakatan ini.

 “Kami sangat senang bisa bermitra dengan FC Barcelona untuk menyatukan dunia Musik dan Sepak Bola. Mulai bulan Juli, kolaborasi kami akan menawarkan panggung global untuk Artis, Pemain, dan Penggemar di Spotify Camp Nou yang baru,” kata Alex Norström, Chief Freemium Business Officer, Spotify.

“Kami selalu menggunakan investasi pemasaran kami untuk memperkuat Artis dan kemitraan ini akan membawa pendekatan ini ke skala baru. Kami senang menciptakan peluang baru untuk terhubung dengan basis penggemar FC Barcelona di seluruh dunia.,” tambah Norström.