Bagikan:

JAKARTA - Penampakan terbaru stadion legendaris kandang Barcelona, Camp Nou, sudah dirilis klub. Publik pangling dengan stadion yang direnovasi besar-besaran senila 1,25 miliar pound.

Barca telah ditempatkan sementara di Stadion Olimpiade Lluis Companys selama renovasi Camp Nou.

Sebagaimana diketahui, Blaugrana pindah dari stadion tersebut pada Mei 2023 untuk memulai proses perombakan besar-besaran.

Arena berusia 67 tahun tersebut telah mengalami perubahan besar selama lebih dari setahun dipugar.

Camp Nou tampak berbeda dari bentuk aslinya dalam tiruan komputer yang dirilis oleh klub.

Stadion ini akan memiliki atap terbesar di Eropa, platform untuk menonton dari udara, dan sejumlah bar serta area VIP baru.

Bocoran Camp Nou usai direnovasi (dok. FC Barcelona).

Sementara itu, kapasitas stadion juga ditingkatkan dari 99.354 menjadi 105.000 kursi.

Klub telah membongkar seluruh bagian atas stadion saat mereka membangun kembali bagian ketiga untuk meningkatkan kapasitas stadion ikonik tersebut.

Sekarang, Barcelona semakin dekat untuk kembali ke rumah bersejarah mereka setelah merilis gambar-gambar baru Camp Nou.

Bocoran Camp Nou usai direnovasi (dok. FC Barcelona).

Wakil Presiden Barcelona, Elena Fort, telah mengungkapkan bahwa klub bermaksud untuk kembali ke Camp Nou musim ini.

Namun, mereka telah membatalkan rencana untuk kembali ke Camp Nou sebelum ulang tahun klub yang ke-125 pada November 2024.

"Tidak ada tanggal pasti untuk kembali ke Camp Nou. Kami tidak dapat mengatakannya sekarang, tetapi kami berada di jalur yang benar."

"Dewan Kota mengetahui rencana lengkap kami. Kami mengikuti semua protokol keselamatan dan kami telah menerima lampu hijau dari beberapa lembaga."

"Sekarang kami harus bekerja cepat untuk mendapatkan kembali lisensi untuk membuka kembali stadion dan melaksanakan semuanya," tutur Elena Fort seperti dilansir The Sun.

Jika rencana untuk kembali ke Nou Camp musim ini terealisasi, Barcelona diperkirakan akan bermain di depan kapasitas 60 persen saat itu. Soalnya, renovasi kemungkinan besar baru rampung pada 2026.

Bocoran Camp Nou usai direnovasi (dok. FC Barcelona).

Sementara itu, bagian utama stadion dimodernisasi, seperti memiliki tiga layar besar yang tergantung di atas lapangan agar para penggemar dapat menonton ulang aksi tersebut.

Kemudian, ruang pertemuan dan fasilitas pers termasuk di antara area lain yang akan dimodernisasi.

Stadion tersebut dilaporkan juga akan menggunakan sumber energi hijau melalui panel surya seluas 18.000 meter persegi, yang menghasilkan energinya sendiri dan menghasilkan nol emisi karbon.

Terakhir, gambar baru menunjukkan tampilan cahaya luar biasa di bagian luar lapangan, yang memancarkan warna-warna terkenal Barcelona.