Sir Jim Ratcliffe Ingin Buat Kandang Baru buat Manchester United
Sir Jim Ratcliffe berencana membangun stadion baru dekat Old Trafford (dok. PA).

Bagikan:

JAKARTA - Sir Jim Ratcliffe, pemilik saham minoritas baru Manchester United, punya rencana membangun stadion baru untuk The Red Devils.

Proyek stadion baru yang diberi nama Wembley of the North itu dirancang menghabiskan dana sebesar 2 miliar pound atau sekitar Rp39,6 triliun.

Sebelum rencana membangun stadion baru mengemuka, sebetulnya ada satu opsi lain, yaitu merenovasi Old Tarfford.

Stadion ikonis berusia 114 tahun itu merupakan stadion terbesar di klub sepak bola Inggris. Namun, Old Trafford mulai rusak, sebut saja atapnya bocor, logamnya berkarat, dan lokasinya ketinggalan beberapa dekade dibandingkan rival terbesar Man United.

Opsi renovasi itu juga termasuk memperluas Old Trafford yang kini berkapasitas 74.000 penonton. Estimasi renovasi bakal menghabiskan dana 800 juta pound atau sekitar Rp15,8 triliun.

Namun, pilihan yang lebih menarik ternyata membangun stadion baru meski jauh lebih mahal.

Pembangunan stadion sejak awal tak akan menjauhkan Manchester United dari Old Trafford. Soalnya, Ratcliffe dilaporkan telah mengidentifikasi lahan di sekitar Old Trafford sebagai lokasi pembangunan baru.

Stadion ini akan ditempatkan di antara jalur kereta api dan Kanal Bridgewater.

Proyek Wembley of the North ini bisa menyaingi stadion ikonis Inggris, Wembley, yang berkapasitas 90.000 tempat duduk.

Stadion Wembley merupakan stadion paling menonjol karena sudah menjadi tuan rumah partai-partai besar, seperti final Euro 2020. Lalu, pada Juni 2024 akan menjadi tuan rumah final Liga Champions ketiga dalam 13 tahun.

Tak hanya itu, Stadion Wembley juga menjadi kandang utama Timnas Inggris.

Terlepas dari sepak bola, Stadion Wembley juga digunakan berbagai acara lainnya, termasuk tinju, NFL, dan konser besar-besaran beberapa artis terbesar dunia.

Nah, Ratcliffe ingin melihat hal serupa di kampung halamannya, Manchester. Dengan kata lain, pemilik Ineos tersebut ingin stadion baru Manchester United nanti bisa menjadi seperti Stadion Wembley.

Tak heran, sejak awal kehadirannya di Manchester United dia mendatangkan investasi senilai 1,3 miliar pound, termasuk sekitar 237 juta pound yang dijamin akan disalurkan ke stadion.

Dia bahkan berencana mencoba melobi Pemerintah Inggris demi merealisasikan pembangunan stadion baru dengan membantu mendanai sebagai bagian dari janji 'meningkatkan level'.

Ratcliffe tentu tak ingin Manchester United ketinggalan dibanding klub-klub besar Inggris lainnya.

Manchester City, Arsenal, dan Tottenham Spurs semuanya mendapat manfaat dari stadion baru yang mengesankan sejak pergantian milenium.

Kandang Spurs secara luas dianggap sebagai stadion modern terbaik di Inggris, bahkan di dunia.

Sementara Liverpool memutuskan untuk tetap bertahan di Anfield, tetapi mereka melakukan perbaikan besar-besaran dengan membangun tribun baru.

Kemudian, Chelsea tetap tertarik untuk memperbarui Stamford Bridge atau membangun stadion baru sepenuhnya sama seperti rencana Manchester United.

Belum lagi West Ham pindah ke bekas Stadion Olimpiade pada 2016.

Terakhir, ada Everton yang akan pindah ke stadion baru. Musim 2024-25 akan menjadi musim terakhir Everton di Goodison Park sebelum Stadion Bramley Dock resmi dibuka.