Bocoran PSSI soal Penggawa yang Bakal Isi Indonesia U-23, Persija Kirim Wakil Terbanyak
Shin Tae-yong akan melakoni TC untuk persiapan Timnas Indonesia U-23 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 dalam waktu dekat akan mulai mempersiapkan diri menjelang tampil di Piala Asia U-23 2024. Komposisi skuad menjadi hal utama yang jadi fokus sang pelatih, Shin Tae-yong.

Soal komposisi tim, PSSI melalui Anggota Komite Eksekutif (Exco), Endri Erawan, memberi bocoran bahwa nantinya Persija dan Borneo FC akan menjadi klub yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke Indonesia U-23.

"Permasalahan sekarang, memang ada beberapa pemain yang banyak diambil Shin Tae-yong dari satu klub. Misalnya Persija maupun Borneo FC itu ada lima atau empat pemain," kata Endri Erawan saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 5 Januari 2024, malam WIB.

Sebelum tampil di Piala Asia U-23 2024 yang digelar pada 15 April hingga 3 Mei 2024, Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani pemusatan latihan (TC) yang diperkirakan akan memakan waktu hingga sebulan.

Setelah Shin Tae-yong menentukan pemain yang bakal dipanggil ke Indonesia U-23, pihak federasi akan mencoba berkomunikasi dengan klub. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan jadwal Piala Asia U-23 2024 yang bersamaan dengan Liga 1 2023/2024.

Selain memanggil pemain lokal, Shin Tae-yong juga berencana memanggil pemain abroad. Namun, hal itu tak akan berjalan mudah karena turnamen ini tidak masuk dalam kalender FIFA dan klub memiliki hak untuk tidak melepas pemain.

"Nah, itu mungkin kita akan negosiasi dengan pihak PT Liga Indonesia Baru dan pihak klub. Mungkin sejak awal akan kita bicarakan, kira-kira siapa yang dilepas, siapa yang tidak bisa dilepas, siapa yang bisa memperkuat Indonesia U-23," tutur Endri Erawan.

"Itu akan negosiasi. Kami akan konsultasi lagi dengan Shin Tae-yong," ujarnya.