Kena Mental, Finalis Miss Universe Indonesia Alami Trauma Akibat Body Checking
Miss Universe Indonesia (Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa finalis Miss Universe Indonesia (MUID) disebut mengalami trauma akibat kejanggalan yang terjadi saat body checking atau pemeriksaan tubuh.

Rizky Ananda, mantan Provincial Director Miss Universe Indonesia Bali menyebut dua finalis asal Pulau Dewata kena mental karena difoto saat body checking.

"Jadi ada dua anak Bali yang difoto. Itu sangat tidak pantas sekali karena dia sampai kena mental, sampai nangis, sampai gemetar," ujar Rizky Ananda di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Rabu, 9 Agustus.

Rizky menyebut kondisi anak-anak didiknya semakin parah karena harus menghadapi perundungan dari warganet di media sosial.

Banyak warganet yang menyalahkan korban karena dinilai tidak berusaha melawan ketika diminta melepaskan busananya.

"Sekarang anaknya pun kondisinya sakit. Karena dibully juga," kata Rizky Ananda.

Sementara itu, Sally Giovanny selaku mantan Provincial Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat menyebut perlakuan oknum penyelenggara saat body checking jadi penyebab beberapa finalis jatuh mentalnya.

"Dibuka baju, branya dibuka, mereka tutupi (dada) terus dimarahi kan, 'Buka! Buka! Jangan ditutupi! Kamu nggak perlu malu karena kalau misalnya di luar negeri kamu itu ditelanjangi', dia bilang gitu," tutur Sally Giovanny.

Atas kejadian yang menimpa beberapa finalis MUID, Rizky Ananda meminta agar publik, khususnya warganet tidak menyalahkan korban atas kejadian memalukan yang telah terjadi. Ia menilai para finalis tak bisa berbuat banyak saat diminta telanjang dan difoto.

"Nah, ini sih yang saya mau sampaikan ke masyarakat, jangan sampai mindsetnya masyarakat bilang 'Kenapa nggak menolak aja?'. Coba kalian di posisi di bawah relasi kuasa, itu anak-anak udh nggak bisa berbuat apa-apa lagi," pungkas Rizky Ananda.

Sebagai informasi, seorang finalis Miss Universe Indonesia berinisial NL telah melaporkan PT Capella Swastika Karya sebagai pemegang lisensi Miss Universe Indonesia di Polda Metro Jaya pada Senin, 7 Agustus.

Finalis Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram @missuniverse_id)