Buntut Foto Bugil Saat Pemeriksaan Tubuh, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Laporkan Perusahaan Pemegang Lisensi
Finalis Miss Universe Indonesia 2023 bersama kuasa hukum dan para saksi (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Finalis Miss Universe Indonesia 2023, NL, resmi melaporkan PT Capella Swastika Karya yang diketahui memegang lisensi Miss Universe di Indonesia. Laporan dugaan pelecehan seksual tersebut dilayangkan di Polda Metro Jaya pada Senin, 7 Agustus.

Adapun, laporan dugaan pelecehan seksual merupakan buntut dari penerapan body checking atau pemeriksaan tubuh tanpa busana terhadap para finalis Miss Universe Indonesia 2023.

“Kami sudah mendapat penerimaan laporan terkait adanya dugaan pelecehan seksual yang melanggar UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual yang dialami adik-adik kami. Mereka ada finalis dalam sebuah ajang kompetisi kecantikan yang luar biasa besarnya di Indonesia yang disebut MUID,” kata Melissa Anggraeni selaku kuasa hukum pelapor saat ditemui di Senopati, Jakarta Selatan pada Senin, 7 Agustus malam.

Body checking sendiri merupakan hal yang lumrah dalam ajang kecantikan, namun Melissa mempermasalahkan cara MUID menggelar body checking yang dinilai telah dilakukan tanpa adanya prosedur yang jelas.

“Kejadian terjadi pada 1 Agustus 2023, dua hari sebelum Grand Final. Bahkan PD (Provincial Director) aja tidak diberitahu terkait adanya body checking,” kata Melissa.

“Tadi kami serahkan bukti kepada kepolisian, rundown agenda, tidak ada menyebutkan sama sekali body checking. Tentu saja teman-teman kontestan ini terkejut. Tadinya agenda fitting, ternyata body checking, yang dilakukan secara sembrono, melanggar hak privat perempuan,” sambungnya.

Tidak hanya tanpa pemberitahuan, Melissa juga mempermasalahkan keputusan penyelenggara yang meminta para finalis tampil hampir bugil di tempat yang cukup terbuka.

“Mungkin bisa bayangkan ballroom itu terbuka. Ballroom yang kita ketahui ada CCTV dari segala sudut dan hanya disekat seadanya, disekat dengan banner, disekat dengan gantungan baju,” tutur sang pengacara.

“Ketika dilakukan, itu tidak hanya mereka sendiri, kadang ada yang digabung dengan kontestan lain. Kadang ada waktu mereka menjalani pemeriksaan, lalu lalang orang di luar masih kelihatan, orang di dalam juga bisa keluar masuk semaunya,” imbuhnya.

Sebelumnya, isu finalis Miss Universe Indonesia 2023 difoto bugil ramai diperbincangkan usai Sally Giovanny, National Director Miss Universe Indonesia 2023 mengunggah pernyataan tidak terima ke Story Instagram miliknya.

Oleh karena itu, Sally bersama kuasa hukum dan perwakilan finalis Miss Universe Indonesia mendatangi Polda Metro Jaya untuk membuat laporan atas dugaan tindak pelecehan seksual.