Memahami Full Self Driving Ultra Cruise yang Dikembangkan Cadillac, Lebih Baik dari Tesla?
Cadillac Celestiq (Dok: Cadillac)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors (GM) akan menanamkan sistem berkendara tanpa tangan, yang disebut Ultra Cruise, pada Cadillac Celestiq 2024. Dikabarkan jika Ultra Cruise akan menggantikan Super Cruise pada kendaraan GM di masa depan.

Lalu seperti apakah teknologi yang digadang-gadang lebih baik dari Tesla ini? Super Cruise sendiri adalah teknologi semi-otomatisasi berkendara. Teknologi ini memungkinkan pengemudi untuk membiarkan kendaraan mengemudi sendiri di jalan raya yang telah dipetakan dan diuji sebelumnya, tanpa harus menempatkan tangan di atas kemudi.

Untuk bisa sampai ke tahap ini, ada kamera, sensor, dan peta digital yang dikombinasikan dengan data GPS untuk membantu kendaraan memantau lingkungan sekitar dan menjaga jarak dengan kendaraan lain. Teknologi ini juga dapat mengubah kecepatan, mengemudi di jalur, dan membuat perubahan jalur secara otomatis.

Namun karena semi otonom, teknologi ini masih memerlukan pengembangan lanjutan dan pengemudi harus siap untuk mengambil kendali kapan saja jika diperlukan, termasuk memperhatikan kondisi jalan dan situasi sekitarnya dengan cermat.

Nah, Ultra Cruise adalah hasil pengembangan dari teknologi Super Cruise yang diumumkan GM. Hasilnya? Dengan dibangun berdasarkan sistem Super Cruise yang sudah sangat baik, menurut GM, Ultra Cruise akan memiliki sensor tambahan (sensor terpenting adalah unit lidar di belakang kaca depan) yang memberikan informasi ke dalam sistem komputasi yang baru untuk menciptakan tampilan tiga dimensi 360 derajat di sekitar kendaraan.

Nah untuk optimalisasi Ultra Cruise, Cadillac Celestiq 2024 juga dilengkapi 7 kamera jarak jauh beresolusi 8 megapiksel yang terletak di depan, sudut, belakang, dan sisi kendaraan. Kamera ini akan membantu sistem untuk mendeteksi objek seperti tanda-tanda lalu lintas, lampu lalu lintas, kendaraan lain, dan pejalan kaki.

Tak hanya itu, mobilnya dilengkapi "radar jarak pendek yang diitempatkan di empat sudut kendaraan, radar ini digunakan untuk membantu merasakan radius hingga 90 meter, seperti pejalan kaki yang menyeberang jalan atau kendaraan di sekitar jalur sekitarnya.

Penasaran rasanya berkendara dengan Cadillac Celestiq 2024? Mobil mewah ini memiliki harga 300.000 dollar AS atau kisaran Rp4,6 miliar.