Rolls Royce Phantom Syntopia, Hasil Kolaborasi dengan Desainer Ternama Belanda
Rolls-Royce Phantom Synthopia. (Dok: Rolls Royce)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil mewah Rolls-Royce baru saja meluncurkan Rolls-Royce Phantom Syntophia hasil kolaborasi dengan perancang busana asal Belanda, Iris van Herpen.  Herpen dikenal sebagai seniman yang dapat memadukan teknologi dengan keahlian haute couture tradisional.

Kolaborasi keduanya ada pada model Rolls-Royce Phantom. Ya, Phantom sendiri merupakan jenis sedan termewah Rolls Royce yang mulai diproduksi pada tahun 2003. Mobil ini khas karena memiliki kap mesin panjang dengan ruang penumpang yang luas.

Lalu seperti apa hasil kolaborasi ini? Meski konsep kolaborasi pabrikan mobil mewah dan desainer bukan hal baru, Iris van Herpen tampaknya berhasil, Phantom yang awalnya kanvas kosong baginya bertransformasi menjadi salah satu Phantom paling modis dan eksklusif yang pernah dibuat.

Pada bagian eksterior, menghadirkan tema Liquid Noir warna hitam dengan efek bunglon. Bagian kap mesin memiliki motif gelombang air yang menjadi ciri khas dari desain Harpen. Motif tersebut menyebar hingga bagian kabin mobil mewah tersebut.

Bagian kulit kabin dipilih dari total 1.000 pilihan. Terdapat 162 lembar pada bagian yang tampak seperti kelopak tersebut di seluruh bagian plafon dengan dihiasi pola bintang serat optik Rolls-Royce.

Perhatian terhadap detail juga tampak pada kursi depan dilapisi kulit abu-abu ajaib, yang memiliki kilau khusus. Namun, kursi belakang juga menarik, dilapisi dengan kain campuran sutra yang terinspirasi dari refleksi cahaya pada air di malam hari.

Rolls-Royce juga menambahkan wewangian khusus terinspirasi oleh koleksi Herpen 2018, dari wangi kayu cedar, sedikit kulit, lemon lembut, dan mawar dari Patagonia.

Nah, Rolls-Royce menyebut waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan produk kolaborasi ini lebih dari 700 jam.