Bagikan:

JAKARTA – Rolls-Royce Motor Cars kembali membuktikan kemampuannya dalam menciptakan kendaraan super mewah dengan mempersembahkan Phantom Scintilla, sebuah karya seni otomotif yang istimewa.

Koleksi terbaru ini diluncurkan sebagai bagian dari perayaan 120 tahun merek legendaris ini, menjadikan Phantom Scintilla sebagai penghormatan khusus kepada Spirit of Ecstasy, maskot ikonis yang telah menjadi simbol Rolls-Royce. Hanya ada 10 unit Phantom Scintilla yang akan diproduksi.

8

Model terbaru ini disebut terinspirasi oleh keindahan, dinamisme, dan aura mistis yang melekat pada Spirit of Ecstasy, Phantom Scintilla didasarkan pada Phantom Extended yang memberikan kanvas sempurna bagi desainer Rolls-Royce untuk mengekspresikan kreativitas mereka tanpa batas.

Nama "Scintilla" yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'kilatan', memiliki makna mendalam. Nama ini tidak hanya merujuk pada kilauan awal yang menginspirasi Claude Johnson, pendiri Rolls-Royce, saat ia terpukau oleh patung Winged Victory of Samothrace, tetapi juga mencerminkan kehadiran singkat namun memukau dari Spirit of Ecstasy saat mobil melesat di jalan.

9

Dari luar, Phantom Scintilla tampil menawan dengan finishing Bespoke dua warna: bagian atas bodi berwarna Putih Andalusia yang elegan dan bagian bawah berwarna Biru Thracian yang terinspirasi dari birunya laut di sekitar pulau Samothrace.

8

Masuk ke dalam kabin, akan disambut oleh interior yang merupakan mahakarya seni tersendiri. Motif bordir yang rumit menghiasi pintu dan jok, menggambarkan gerakan anggun Spirit of Ecstasy, sementara karya seni 'Celestial Pulse' di Gallery dan Bespoke Starlight Headliner menghadirkan nuansa magis dari sosok ikonis tersebut. Bahkan, desain pintu interiornya diklaim sebagai yang paling kompleks dalam sejarah Rolls-Royce. Betapa tidak, interior Phantom Scintilla ini melibatkan 869.500 jahitan yang memakan waktu lebih dari 40 jam untuk diselesaikan, menunjukkan dedikasi luar biasa pada setiap detail.

“Kami ingin menciptakan grafis yang hampir seperti karya seni cat air – kami menyebutnya ‘melukis dengan benang’. Untuk menghasilkan efek bercahaya ini, kami menggunakan empat warna berbeda, ketebalan benang, dan orientasi jahitan yang bervariasi. Dengan melakukan hal ini, kami menembus batas kreativitas yang belum pernah dijelajahi Rolls-Royce sebelumnya, sehingga menghasilkan kepadatan bordir terluas yang pernah ada pada mobil Rolls-Royce,” ungkap Katrin Lehmann, Desainer Warna dan Material Pesanan Khusus, Rolls-Royce Motor Cars, dalam rilis pabrikan yang dikutip 19 Agustus.

Ditenagai oleh mesin V12 turbocharged 6,75 liter yang menghasilkan 570 hp dan torsi 900 Nm, Phantom Scintilla tidak hanya memukau dalam penampilan, tetapi juga dalam performa.

Seperti biasa, harga edisi khusus Rolls-Royce ini tidak diungkapkan. Sebagai perbandingan, Rolls-Royce Phantom model 2025 standar dibanderol mulai dari 510 ribu dolar AS atau sekitar Rp8 miliar. Namun, untuk edisi khusus ini, harganya diperkirakan bisa berkali-kali lipat lebih mahal.