JAKARTA - Baidu Inc dan startup Pony.ai yang didukung Toyota Motor Corp., mengumumkan pada Jumat 30 Desember bahwa mereka telah diberikan lisensi pertama untuk menguji kendaraan yang sepenuhnya otonom, tanpa operator keselamatan sebagai cadangan, di Beijing.
Baidu dan Pony.ai mengatakan mereka akan mulai menguji masing-masing 10 kendaraan tanpa pengemudi di taman teknologi yang dikembangkan oleh pemerintah Beijing sebagai langkah menuju layanan robotaxi komersial di ibu kota China itu.
Baidu yang berkantor pusat di Beijing, yang menghasilkan sebagian besar pendapatannya dari mesin pencari internetnya, telah berfokus pada teknologi self-driving selama lima tahun terakhir karena ingin melakukan diversifikasi.
Mereka mulai membebankan biaya untuk layanan robotaxi Apollo Go tahun lalu. Diperkirakan perjalanan robotaxi itu pada akhirnya akan menelan biaya sekitar setengah dari biaya mobil komersial dengan pengemudi. Perusahaan mengatakan akan menambah 200 robotaxis lagi ke jaringannya di seluruh China di tahun mendatang.
Menurut Baidu, Apollo Go, yang beroperasi di Wuhan dan Chongqing tanpa keselamatan pengemudi, menghasilkan total 1,4 juta perjalanan tanpa pengemudi pada akhir kuartal ketiga.
Rival Pony.ai, yang beroperasi di China dan Amerika Serikat, telah menguji sistem penggerak otonom di Guangzhou, di mana mereka juga mengoperasikan layanan taksi. Mereka juga menguji kendaraan penggerak otonom di California dan Arizona, di mana mereka mempekerjakan pengemudi keselamatan di dalam mobil sebagai tindakan pencegahan dan berjaga-jaga.
Sementara perusahaan China mendorong mobil self-driving, pembuat mobil di luar China telah mundur dari jadwal peluncuran ambisius yang diprediksi beberapa tahun lalu karena hambatan regulasi telah muncul.
Sistem "Full Self Driving" Tesla masih membutuhkan manusia di belakang kemudi yang siap untuk mengambil kendali, tiga tahun setelah CEO Tesla, Elon Musk, memperkirakan perusahaannya berada di jalur yang tepat untuk mengirimkan armada sejuta robotaxis.
Tesla sedang dalam penyelidikan kasus kriminal di Amerika Serikat atas klaim bahwa kendaraan listrik mereka dapat mengemudi sendiri.
BACA JUGA:
Cruise, unit robotaxi General Motors Co, mengatakan berencana untuk menambah ribuan kendaraan otonom di tahun mendatang dan memperluas layanannya di San Francisco dan kota-kota AS lainnya.
Regulator keselamatan mobil AS mengatakan awal bulan ini bahwa mereka telah membuka penyelidikan keselamatan ke dalam sistem mengemudi otonom yang digunakan oleh Cruise setelah insiden di mana kendaraan mengerem secara tidak tepat atau menjadi tidak dapat bergerak secara tiba-tiba.
Sementara dilaporkan oleh Reuters, pada Oktober lalu, Ford Motor Co dan Volkswagen AG menutup startup self-driving bersama mereka, Argo AI, setelah menyimpulkan bahwa penyebaran massal sistem penggerak otonom komersial akan memakan lebih banyak waktu dan uang daripada perkiraan ketika mereka bergabung mengembangkan kendaraan itu pada 2019.
Pada Maret 2022, Pony.ai setuju untuk memperbaiki versi perangkat lunak mengemudi otonomnya di Amerika Serikat setelah penyelidikan informal oleh Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional menyimpulkan bahwa terdapat cacat yang telah menyebabkan kendaraan uji menabrak median lalu lintas di California.