Raksasa Internet China Baidu Ingin Produksi Mobil Listrik
Ilustrasi kendaraan listrik (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa internet asal China, Baidu inc dikabarkan ingin membuat kendaraan mobil listrik. Bahkan mereka telah berdiskusi dengan sejumlah produsen mobil untuk memproduksi kendaraan listrik dalam negeri.

Mengutip Reuters, Rabu 16 Desember sumber yang mengetahui hal tersebut mengatakan Baidu tengah membuka pembicaraan awal dengan produsen mobil seperti Zhejiang Geely Holding Group Co Ltd, Guangzhou Automobile Group Co Ltd (GAC) dan China FAW Group Corp Ltd's Hongqi untuk kemungkinan membentuk perusahaan patungan.

GAC menyatakan pihaknya akan membahas kerja sama tersebut kebih lanjut, sedangkan Geely mengaku tidak paham dengan hal itu. Begitupun dengan FAW juga Baidu yang enggan berkomentar menyoal mobil listrik ini.

Ambisi Baidu ini diperkirakan akan membuatnya sejajar dengan Tencent Holding, Amazon.com dan Alphabet Inc yang juga sama-sama telah mengembangkan teknologi mobil, atau berinvestasi pada startup mobil pintar.

Sebagai informasi, Baidu sebenarnya telah mendirikan unit penggerak otonom Apollo pada 2017 lalu. Di mana unit ini memasok teknologi yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan bekerja dengan pembuat mobil seperti Geely, Volkswagen AG, Toyota Motor Corp dan Ford Motor Co.

Baidu juga telah mengoperasikan layanan taksi otonom Go Robotaxi di Beijing, Changsha dan Cangzhou, perusahaan tersebut juga berencana untuk memperluas layanan ini ke 30 kota dalam tiga tahun mendatang. Pekan lalu, Baidu memperoleh persetujuan untuk menguji lima mobil otonom di Beijing.

Diketahui, rencana ada ini setelah bulan lalu Didi Chuxing meluncurkan van yang dibuat khusus untuk layanan ride-hailing dengan produsen mobil BYD Co Ltd. Sementara raksasa teknologi Sony Corp pada Januari juga meluncurkan mobil konsep listrik dengan fungsi self-driving.