Penjelajah Mars Curiosity Kirim Gambar Pasir Berkarat yang Menakjubkan
Penampakan pasir di Planet Mars. (foto: dok, NASA)

Bagikan:

JAKARTA –Mars adalah planet yang kering dan berpasir, dan foto baru dari wahana penjelajah Curiosity NASA telah menunjukkan detail yang mencengangkan tentang planet itu. Meskipun Mars sering diromantisasi sebagai rumah bagi manusia masa depan, penting untuk diingat betapa berbedanya Mars dengan Bumi.

Karbon dioksida mendominasi sebagian besar atmosfernya, suhu permukaan rata-rata sekitar -80 ° F, dan tidak ada cara alami bagi manusia untuk bisa hidup tanpa penelitian/teknologi yang ekstensif.

Sementara para ilmuwan terus menemukan cara untuk membawa manusia ke planet ini dengan aman, robotika canggih sedang menjelajahi Mars untuk sementara. Antara Curiosity, Perseverance, dan Ingenuity, NASA mengumpulkan banyak informasi tentang planet ini. Robot telah mengumpulkan sampel batuan Mars, memburu tanda-tanda kehidupan kuno, dan menangkap ribuan gambar untuk mendokumentasikan perjalanan mereka.

Salah satu foto Mars terbaru datang dari Curiosity. Curiosity telah berpatroli di Mars sejak Agustus 2012 dan telah menjadi alat yang sangat berharga bagi NASA sejak saat itu. Wahana ini menangkap gambar di atas dengan Kamera Navigasi Kiri pada 18 Oktober 2021, pukul 23:50 UTC. Foto asli diambil dalam warna hitam-putih, meskipun Screen Rant telah mengubahnya menjadi gambar warna palsu untuk lebih mewakili warna Mars. Hasilnya adalah sesuatu yang benar-benar menakjubkan.

Meskipun pasir bukanlah sesuatu yang baru bagi kita di Bumi, pasir di Mars terlihat sangat berbeda dari biasanya. Pasir di foto ini memiliki tampilan yang gelap dan berkarat, mirip dengan bebatuan dan bukit pasir lain yang membentuk bagian planet lainnya.

Warna cantiknya juga dipadukan dengan pola detail di seluruh bagiannya. Berkat angin dan badai pasir yang sering terjadi di Mars, pasir di planet ini sering kali memiliki pusaran dan garis yang rumit seperti yang ditunjukkan di atas.

Gambar seperti ini melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menampilkan keindahan mentah Mars yang begitu terkenal. Batuan, pasir, dan angin adalah elemen sederhana yang berdiri sendiri — dan hal-hal yang lazim di Bumi. Namun, mereka bersatu dengan cara yang unik di Mars. Planet ini mungkin tandus dan tanpa kehidupan, tetapi foto-foto ini membuktikan bahwa planet yang sunyi tidak harus jelek. Bahkan, itu bisa sangat menarik.

Ini juga jauh dari satu-satunya foto dari jenisnya. Gambar Mars lainnya tahun ini telah memamerkan formasi batuan yang menyenangkan, bukit pasir yang mengesankan, dan matahari terbit yang menghantui. Kebanyakan manusia saat ini mungkin tidak pernah melihat hal-hal ini sendiri, tetapi NASA mendapatkan ribuan gambar baru seperti ini setiap saat.

Mereka membuat eksplorasi ruang angkasa dapat diakses oleh semua orang, membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang Mars, dan umumnya sangat menyenangkan.