Robot Penjelajah Curiosity, Tunjukkan Foto Berbagai Jenis Batuan Mars yang Sangat Variatif
Dua jenis batuan berbeda berhasil ditampilkan Robot Penjelajah Curiosity. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Mars adalah planet yang penuh dengan bebatuan dari segala bentuk dan ukuran. Robot penjelajah NASA, Curiosity, baru saja memberikan tampilan baru yang luar biasa pada dua bebatuan di antaranya.

Curiosity telah menjelajahi Mars sejak Agustus 2012, dan sejak itu, ia telah mengunggah lebih dari 443.000 gambar. Dua yang sangat menarik diunggah pada 15 November. Dalam foto yang diambil dengan Kamera Navigasi Kanan Curiosity, robot penjelajah ini menunjukkan sepasang batu yang menggantung di permukaan Mars.

Yang di satu memiliki ujung bulat yang jelas dengan tanjakan tanah dan batu-batu kecil yang terbentuk di atasnya. Ini adalah salah satu batu yang bentuknya lebih unik yang pernah dilihat, dan ini menunjukkan betapa beragamnya batuan Mars.

Sementara foto kedua, gambar pertama menunjukkan batu kedua ke arah kanan, tetapi sebagian besar terpotong oleh kamera Curiosity. Untungnya, batu itu ditampilkan sepenuhnya pada gambar kedua yang ditunjukkan di atas.

Ini memiliki bentuk memanjang, kurva yang berbeda dengan titik di tengah, dan melemparkan bayangan gelap di tanah di bawahnya. Ini adalah bentuk yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan batu hanya beberapa meter jauhnya, dan bertindak sebagai contoh yang bagus dari berbagai batu yang ditemukan di Planet Merah.

Bagaimana batu-batuan ini mendapatkan bentuknya? Siapa tahu! Mereka bisa menjadi hasil dari batuan luar angkasa tua yang menghantam planet ini, miliaran tahun badai pasir, atau segudang hal lainnya.

Yang pasti, bagaimanapun, adalah bahwa mereka hanyalah dua dari formasi batuan yang tampaknya tak berujung di Mars. Ini mungkin bukan rumah yang baik bagi manusia, tetapi sejauh bebatuan, Mars adalah tempatnya.