<i>Selfie</i> Perdana Mars Curiosity di 'Mont Mercou'
Curiosity melakukan selfie di Mars (NASA GOV)

Bagikan:

JAKARTA – Robot penjelajah milik NASA, Curiosity yang memiliki tugas mencari sisa kehidupan di masa silam, termasuk air dan sampel batuan. Penjelajah Curiosity NASA belum lama ini dikabarkan sedang mendekati kumpulan bebatuan yang disebut "Mont Mercou".

Sebutan itu terinspirasi dari gunung yang ada di Prancis. Mont Mercou merupakan bongkahan batu yang memiliki tinggi 20 kaki. Curiosity telah berhasil mengambil bebatuan yang mencitrakan dalam sebuah foto selfie dan memotret panorama di sekitarnya.

Selfie diambil oleh Curiosity saat berada di dekat lubang yang telah dibor olehnya untuk mengambil sampel batuan Mars bernama “Nontron.” Sampel tersebut merupakan sampel batuan yang ketigapuluh yang berhasil diambil selama ini.

Pengambilan sampel batuan tersebut ditujukan untuk mencari tahu sejarah kehidupan Mars di masa lalu sebagaimana yang dihimpun dari Slashgear. Kamis, 1 April.    

Dari selfie yang dilakukan Curiosity itu berhasil mengambil 60 gambar melalui Hand Lens Imager di lengan robot penjelajah tersebut. Foto-foto yang dipotret langsung dikirimkan ke bumi.