NASA Butuh Bantuanmu untuk Misi Rover di Planet Mars
Robot Curiosity Mars Rover (dok. Nasa)

Bagikan:

JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat (AS) NASA sedang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan dari masyarakat dunia pada misi Mars Rover. Publik yang ingin ikut berpartisipasi bisa membantu NASA dalam memilah-milah hasil data yang dikirimkan Rover dari Planet Mars. 

Mengutip laman resmi NASA, kendaraan Curiosity Mars Rover telah bekerja dan mengeksplorasi Mars selama delapan tahun, sejak pertama kali mendarat pada 2012. Selama di sana, Curiosity telah mengirimkan ribuan data terkait kondisi planet merah tersebut.

"Proses yang biasa memakan waktu ribuan jam, tetapi dengan bantuan publik memberi label batu di atas tanah dapat membawa banyak perubahan pada robot yang terkenal itu," ungkap NASA dalam keterangan tertulisnya.

Sampel gambar dari Curiosity Mars Rover (dok. NASA)

NASA sendiri mempersilakan publik untuk membantu proses pemberian label pada data-data yang telah dikumpulkan oleh robot tanpa awaknya. Tak hanya itu, publik juga bisa ikut andil dalam menyusun algoritma bagi Rover Curiosity saat mengeksplorasi Planet Mars.

Menggunakan sistem AI4Mars dalam publik bisa ikut serta memilah-milah data dari planet Mars. Bahkan masyarakat bisa ikut serta melatih sistem kecerdasan buatan yang digunakan Curiosity, dengan menambahkan algoritma Soil Property and Object Classification (SPOC).

"Ada ratusan ribu contoh yang dibutuhkan untuk melatih algoritma pembelajaran bagi Rover. Algoritma untuk mobil self-driving misalnya, untuk menambahkan pembelajaran Curiosity dalam menjalankan misinya di Planet Mars," jelas pihak NASA. 

Sejauh ini robot Curiosity telah mengirimkan 9.000 sample gambar dari Planet Mars. Ribuan gambar itu bisa diakses melalui Zoonivers, bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam membantu proyek antariksa ini, bisa mengakses laman INI