Sukses Mendarat, Rover Perseverance Kirimkan Foto Perdana dari Mars
Rover Perseverance milik NASA (dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Rover milik NASA, Perseverance tiba dengan selamat di permukaan Planet Mars. Robot ini akan menjalani misi selama 6 bulan ke depan untuk mencari jejak kehidupan di planet merah tersebut. 

"Perseverance berhasil mendarat dengan selamat di kawah Jezero Crater setelah menghadapi teror 7 menit," kutip VOI dari laporan NASA, Jumat, 19 Februari.

Setelah berhasil mendarat, Perseverance langsung mengirimkan gambar pertama dari Mars. Foto itu sampai ke Bumi dalam waktu 11 menit, sejak dipotret Perseverance mengingat jarak pengiriman sinyal yang begitu jauh.

Meski banyak gambar yang buram dengan debu beterbangan, kualitas gambar yang diambil kamera Perseverance cukup baik. Mengingat rover canggih buatan NASA itu dapat bermanuver di medan-medan yang sulit. 

Nasa menjanjikan dalam beberapa hari ke depan, kualitas foto yang dikirimkan Perseverance akan lebih baik lagi. Sebab NASA memang membekali banyak kamera canggih di Perseverance. 

"Ini adalah rover paling canggih yang pernah dikirimkan oleh lembaga antariksa itu ke Planet Merah. Ia akan mengumpulkan data dan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di kawah yang dulu merupakan sebuah danau pada 3,9 miliar tahun silam," jelas NASA.

Perseverance jadi wahana luar angkasa kedua setelah Hope dari Uni Emirat Arab yang baru saja tiba beberapa hari sebelumnya, diikuti oleh Tianwen-1 dari China. Hope sebatas melakukan penelitian di orbit sedangkan Tianwen-1 akan menurunkan rover dalam beberapa bulan mendatang.

Rover canggih ini juga memuat helikopter mini Ingenuity yang disembunyikan di bagian bawah Perseverance. Beberapa bulan setelah mendarat di Mars, helikopter seberat 1,8 kg ini akan mengudaran dan menjadi kendaraan dengan baling-baling pertama yang terbang di planet lain.