Pesawat Luar Angkasa China Tianwen-1 Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek dari Mars
Ilustrasi luar angkasa. (NASA/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Antariksa Nasional China (CNSA), merilis dua video yang memberikan gambaran terkini kondisi Planet Mars pada Jumat 12 Februari, saat pesawat luar angkasa Tianwen-1 memasuki orbit Mars.

Dan, bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2572, kru pesawat luar angkasa tersebut pun mengirimkan ucapan selamat tahun baru untuk masyarakat di bumi.

Setelah perjalanan selama 6 1/2 bulan melintasi ruang angkasa, Tianwen-1 memperlambat kecepatannya, sehingga bisa ditangkap oleh tarikan gravitas Mars pada Rabu lalu. 

Tianwen-1 menjadi pesawat luar angkasa kedua yang mencapai orbit Planet Mars pada bulan ini, setelah sebelumnya Hope milik UEA juga tiba. Menyusul kemudian pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat (NASA) yang akan tiba dan melakukan pendaratan pekan depan.

Kembali ke Tianwen-1, kedua klip video tersebut berdurasi kurang dari satu menit, adalah yang pertama dirilis oleh Badan Antariksa Nasional China saat pesawat luar angkasa mereka memasuki orbit.

“Berkah Tahun Baru Tianwen-1 datang dari Mars yang jauh,” kata CNSA pada hari Jumat 12 Februari, hari pertama Tahun Baru Imlek, seperti melansir Reuters.

Rekaman, diambil dari kamera yang terpasang pada pesawat yang tidak berawak, menunjukkan itu bergetar saat pendorong bertenaga surya dinyalakan untuk memperlambatnya, dengan garis besar Mars dan bahkan kawah di permukaan planet terlihat di latar belakang saat probe meluncur. lalu.

"Panel surya, antena pengarah, atmosfer Mars, dan topografi permukaan terlihat jelas," tambah CNSA.