NASA Sukses Luncurkan Misi Rp3,5 Triliun ke Mars
Peluncuran roket NASA (Twitter @NASA)

Bagikan:

JAKARTA - NASA sukses meluncurkan misi luar angkasa ambisiusnya untuk mendaratkan robot rover canggih bernama Perseverance ke Planet Mars. Menggunakan roket Atlas V milik United Launch Alliance (ULA), peluncuran dilakukan dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral Air Force Station di Florida, Amerika Serikat (AS). 

Melalui tayangan live stream-nya, peluncuran roket ini ditayangkan sekitar pukul 07.00 EDT atau pukul 18.00 WIB. Proses peluncuran roket ini ditayangkan lewat channel resmi NASA di YouTube maupun live tweet dari jejaring media sosial Twitter.

Dilansir dari laman Space, kondisi cuaca di sekitar lokasi peluncuran terpantau cerah dengan sedikit berawan. Nantinya setelah meluncur ke orbit, roket ini akan menempuh perjalanan selama tujuh bulan untuk menuju Mars dengan jarak tempuh 469 juta km. 

Perseverance akan menjadi misi pertama NASA untuk mengantar kembali sampel bebatuan yang pernah dibawa pulang pada misi sebelumnya. Selain itu, NASA juga akan kembali mengeksplorasi planet merah tersebut untuk mencari bukti kehidupan di Mars. 

Untuk misi peluncuran ini, NASA harus merogoh koceh 2,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp35 triliun. Anggaran itu dihabiskan untuk membangun robot rover Perseverance dan ongkos misi peluncurannya. 

Nantinya Perseverance akan menggantikan tugas dari rover Curiosity yang beberapa tahun lalu diluncurkan NASA ke Mars. Rover canggih ini dilengkapi berbagai instrumen terbaru untuk menjalankan sejumlah eksperimen, termasuk 43 tabung sampel yang akan disi dengan material dari Mars untuk dikirim kembali ke Bumi pada misi selanjutnya. 

Robot canggih ini akan mendarat di Kawah Jezero yakni daerah dengan sejarah air, penjelajah akan memulai misi untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba. Dalam mengeksplorasi Mars, robot Perseverance tidak pergi sendirian. Ia juga ditemani drone percobaan bernama Ingenuity.