Empat Orang Kru di Mars Palsu Mulai Menanam Bahan Pangan, Siap Bikin Salad di Luar Angkasa!
Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA) (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Empat orang kru sukarelawan yang sedang ditempatkan di habitat atau Mars palsu, dan sekarang akan mulai menanam beberapa tanaman sebagai bahan pangan mereka selama berada satu tahun di sana.

Disimulasikan berbasis darat, Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA) milik NASA itu memulai misi mereka pada 25 Juni di Johnson Space Center, Houston, Amerika Serikat (AS), setelah beberapa minggu pelatihan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan habitat, operasi misi, keselamatan, komunikasi, dan dinamika tim.

Selama tiga misi dalam satu tahun pertama, empat kru akan menguji berbagai sistem pangan, seperti beberapa eksperimen pertumbuhan tanaman, simulasi Marswalks, operasi robotika, pemeliharaan habitat, kebersihan pribadi, olahraga yang akan menguji daya tahan dan dampak isolasi pada kru.

"Nutrisi akan menjadi landasan keberhasilan untuk misi eksplorasi ruang angkasa di mana sistem makanan terbatas. Faktor kunci untuk misi yang sukses termasuk menjaga asupan makanan dan massa tubuh, memantau dan mengelola persediaan makanan, dan menjaga interaksi kru yang positif," kata rekan peneliti CHAPEA untuk biokimia nutrisi, Scott Smith dalam sebuah pernyataan, yang dikutip Senin, 24 Juli.

"Faktor-faktor ini dan lebih banyak lagi akan dimainkan selama CHAPEA dan akan memberikan pengetahuan untuk memungkinkan eksplorasi ruang angkasa yang sukses di masa depan," tambahnya.

Selama misi masa depan ke Mars, perbekalan makanan kemungkinan besar akan dikirim lebih dulu bersama dengan kru untuk membatasi kemungkinan perubahan atau pasokan ulang.

Sayangnya, tidak akan ada cara mengirim buah-buahan dan sayuran segar atau menyesuaikan menu untuk masing-masing astronot ketika sudah sampai di Mars, keduanya merupakan barang standar yang dikirimkan dalam pesawat ruang angkasa pemasok ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Karenanya, NASA meminta para kru untuk mulai menanam bahan pangan yang direncanakan mencakup kombinasi makanan yang sudah dikemas dan dapat disimpan di rak.

Sementara, misi CHAPEA akan mengevaluasi sistem makanan Mars-realistis yang lebih terbatas ini untuk kemampuannya mendukung kesehatan dan kinerja kru selama misi berdurasi lebih lama.

Selama misi, kru akan dapat menanam beberapa tanaman. Sistem pertumbuhan tanaman di dalam habitat CHAPEA mirip dengan sistem yang digunakan untuk berkebun di dalam rumah dengan dibekali air, nutrisi, pencahayaan yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman berdaun, tumbuh-tumbuhan, dan buah-buahan kecil.

“Produksi tanaman salad dapat melengkapi makanan kemasan, mengurangi kejenuhan menu, dan menyediakan saluran kreatif bagi kru untuk menambahkan berbagai produk segar ke dalam makanan mereka,” ujar pemimpin tim produksi tanaman CHAPEA di NASA, Gioia Massa.

“Menanam tumbuhan juga dapat memberikan manfaat psikologis bagi astronot yang tinggal di lingkungan yang terisolasi dan terkurung jauh dari Bumi, dan kami berharap dapat memperoleh data dari kedua aspek ini,” tambahnya.

Simulasi CHAPEA ini merupakan permulaan untuk misi Artemis, di mana NASA akan mendaratkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di Bulan, menggunakan teknologi inovatif untuk menjelajahi lebih banyak permukaan satelit alami Bumi itu daripada sebelumnya.

Pelajaran yang didapat di dan sekitar Bulan akan mempersiapkan NASA untuk lompatan raksasa berikutnya dengan mengirim astronot ke Mars.