Penampakan Pelangi di Planet Mars yang Berhasil Dipotret Robot Penjelajah Perseverance NASA
Penampakan pelangi di Mars (News18)

Bagikan:

JAKARTA – Robot penjelajah milik NASA, Perseverance Rover berhasil menangkap pemandangan pelangi di langit Mars. Foto penampakan pelangi di Mars itu dibagikan oleh akun resmi NASA Perseverance Mars Rover di Twitter.

Melansir Slashgear, Jumat, 9 April, Mars merupakan tempat yang sangat berbeda dengan Bumi. Gambar yang baru-baru ini dibagikan NASA itu berasal dari kamera Hazcam yang disematkan di robot penjelajah Perseverance.

Publik bisa melihat tangkapan pelangi yang dibagikan itu. Namun penampilan bisa menipu. Hal itu terbutki bahwa postingan NASA itu berhasil dilihat oleh banyak orang.  

Tim peneliti NASA menjelaskan bahwa itu bukan pelangi karena pelangi tidak mungkin muncul di planet Mars. Pelangi tercipta ketika cahaya memantulkan tetesan air di atmosfer Bumi. Namun, di Mars tidak ada air yang mengembun. Planet tersebut juga dianggap terlalu dingin untuk mencairkan air di atmosfer.

Tangkapan gambar tersebut adalah pijar lensa. Pijar lensa merupakan sebuah fenomena ketika cahaya yang tersebar atau mengembang dalam sistem lensa. Pijar lensa ini memiliki kemiripan dengan pelangi.

Perseverance Rover sudah berada di Mars selama beberapa bulan. Robot penjelajah tersebut sedang menyelidiki bukti-bukti saintifik untuk menemukan adanya kehidupan di masa lalu Mars.

Beberapa pekan lalu, Perseverance juga berhasil menerbangkan helikopter Ingenuity di permukaan planet Mars. Robot Perseverance sejatinya akan berkelana di permukaan Mars hingga beberapa tahun ke depan untuk mencari tanda-tanda kehidupan di planet merah tersebut.