NASA Cari Insinyur Muda Lewat Kontes Rancang Robot Penggali Tanah di Bulan
Kontes Lunabotics Junior ini terbuka untuk seluruh K-12 siswa di AS. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Robot bisa dirancang oleh siapa saja, termasuk para siswa. NASA dilaporkan tengah mencari insinyur muda guna merancang konsep robot baru, untuk misi penggalian di Bulan.

Dijukuki kontes Lunabotics Junior ini terbuka untuk seluruh K-12 siswa di AS, dari sekolah umum, swasta dan home schooling. Dalam kompetisi ini, NASA berkolaborasi dengan Future Engineers.

Dilansir dari Engadget, Kamis, 21 Oktober, nantinya para siswa akan diminta untuk merancang robot yang dapat menggali dan memindahkan tanah Bulan, disebut regolith, dari area Kutub Selatan Bulan ke wadah penampung di dekat tempat astronot Artemis dapat menjelajah di masa depan.

Sebagai bagian dari program Artemis, NASA akan mendaratkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di Bulan. Tidak hanya itu, badan antariksa AS tersebut juga membangun ilmu pengetahuan Bulan dan kemampuan eksplorasi jangka panjang yang akan berfungsi sebagai batu loncatan untuk eksplorasi Mars di masa depan.

Lunar regolith berperan penting dalam pengembangan ini dan dapat digunakan untuk membuat beton Bulan, mengurangi jumlah dan biaya bahan yang perlu diangkut dari Bumi.

Untuk mengikuti kontes, siswa harus mengirimkan gambar desain robot dan ringkasan tertulis yang menjelaskan bagaimana desain tersebut bisa beroperasi di Bulan. Pengiriman hasil dapat dilakukan paling lambat 25 Januari 2022.

“Mengekstrak sumber daya di luar angkasa akan membutuhkan inovasi dan kreativitas, dan siswa adalah beberapa pemikir paling kreatif. Generasi berikutnya selalu membawa perspektif baru, ide-ide inventif, dan rasa optimisme terhadap tantangan yang dihadapi NASA. Saya sangat menantikan untuk melihat desain yang mereka kirimkan ke Lunabotics Junior," ungkap administrator asosiasi NASA, Mike Kincaid.

Sementara siswa yang tidak ditugaskan untuk membuat robot, mereka diminta untuk membayangkan desain robot yang tidak lebih besar dari 3,5 kaki kali 2 kaki dan kali 2 kaki dan memiliki tiga fitur desain utama.

Seperti bagaimana desain fisik robot akan memungkinkannya untuk menggali dan memindahkan regolith Bulan, apakah robot akan beroperasi dengan memindahkan kotoran dalam jumlah besar per perjalanan atau dengan mengangkut lebih sedikit kotoran selama lebih banyak perjalanan dan bagaimana desain dan pengoperasian robot akan memenuhi tantangan besar debu Bulan yang diaduk dan dapat menempel ke permukaan saat regolith Bulan dipindahkan.

Siswa dapat mendaftar secara individu atau sang guru. Kontes akan dibagi menjadi dua kategori, kelas K-5 dan kelas 6-12. Sepuluh semifinalis akan menerima paket hadiah Lunabotics Junior dan empat finalis dari setiap kategori akan memenangkan sesi virtual dengan ahli materi pelajaran NASA.

Pemenang dari setiap kategori akan diumumkan pada 29 Maret 2022, dan akan diberikan obrolan virtual untuk kelas mereka dengan Janet Petro, direktur NASA Kennedy Space Center di Florida.