Setelah Gagal Percobaan Pertama, Robot Perseverance Berusaha Kembali Ambil Batuan Mars
Robot Penjelajah Mars NASA, Perseverance. (foto: Nasa)

Bagikan:

JAKARTA – Robot Penjelajah Mars NASA, Perseverance, sedang bersiap-siap untuk membuat upaya lain, dalam beberapa minggu mendatang. Upaya ini merupakan langkah untuk mengambil batu Mars setelah upaya pertamanya awal bulan ini tidak berjalan seperti yang diharapkan para insinyur. Lengan penampung sampel rover bekerja, kata para insinyur, tetapi tabung pengambilan sampel ternyata kosong.

Sekarang penjelajah, laboratorium sains di atas roda yang mendarat di Mars pada bulan Februari, akan pergi ke lokasi baru yang disebut Citadelle untuk kesempatan kedua guna mengambil sampel batu pertamanya. Kali ini, untuk memastikan sampel benar-benar dikumpulkan, para insinyur akan menunggu gambar tabung sampel kembali sebelum diproses dan disimpan di dalam perut rover.

“Kami sangat senang bahwa perangkat keras bekerja dari awal hingga akhir tanpa kesalahan. Dan kemudian ada kejutan itu - 'Tidak ada sampel? Apa maksudmu tanpa sampel?’,” kata Louise Jandura, Chief Engineer untuk Sampling & Caching di tim Perseverance NASA, menjelaskan tentang upaya pertama pada 5 Agustus. "Begitu cepat, setelah itu tenggelam, kami mulai melakukan penyelidikan."

Batu yang digali oleh mata bor sampel Perseverance ternyata tidak sekuat yang diperkirakan para ilmuwan. Apa yang seharusnya menjadi inti batuan yang cukup padat ternyata menjadi bubuk rapuh yang keluar dari tabung sampel rover. Setelah menemukan tabung sampel kosong, staf misi menggunakan kamera rover untuk menganalisis sisa-sisa lubang yang dibor Perseverance. Mereka mengira gundukan debu di sekitar lubang dan beberapa material di dasar lubang itulah yang keluar.

"Batu itu bukan jenis batu kami," kata Jennifer Trosper, Manajer Proyek di Jet Propulsion Laboratory NASA, menulis dalam sebuah posting blog pada hari Kamis. “Meskipun kami telah berhasil memperoleh lebih dari 100 inti dalam berbagai batuan uji yang berbeda di Bumi, kami belum menemukan batu di rangkaian uji kami yang berperilaku seperti ini.”

Lengan pengambilan sampel tujuh kaki, lima-sendi dari Perseverance menjangkau dari depan rover menuju batu yang menarik dengan kepala atau menara seukuran kotak sepatu besar, di ujungnya yang beratnya 100 pon. Kepala itu memuat mata bor berongga, yang secara resmi disebut Rotary Percussive Corer Drill, yang mengebor ke dalam batu dan menjebak material di dalam tabung, yang disimpan kembali ke dalam bajak dan diproses di dalam tabung lain sampai siap untuk ditinggalkan di suatu tempat di Mars permukaan.

Mata bor yang digunakan untuk upaya pengambilan sampel pertama Perseverance adalah untuk mengumpulkan inti batuan. Beberapa dari 9 mata bor rover lebih cocok untuk mengumpulkan regolit — material seperti kotoran yang lebih rapuh yang secara tidak sengaja ditemukan oleh para insinyur selama upaya pengambilan sampel pertama.

Misi Ketekunan untuk mengumpulkan hingga 35 sampel batuan Mars adalah langkah pertama dari upaya tiga cabang untuk mengembalikan sampel tersebut kembali ke Bumi sekitar tahun 2030-an. Bebatuan, yang disimpan di dalam tabung sampel berukuran kapur kecil, akan mewakili sampel Mars murni pertama yang pernah ditangkap dan dikembalikan ke Bumi oleh manusia.

Ketekunan akan meninggalkan tabung di suatu tempat di permukaan Mars untuk dikumpulkan oleh robot NASA di masa depan dan diluncurkan ke orbit Mars, di mana pesawat ruang angkasa lain yang dibangun oleh Badan Antariksa Eropa akan menangkap dan membawanya sepanjang perjalanan pulang.

Insinyur NASA menghabiskan hampir satu dekade merancang dan membangun sistem pengambilan sampel rover, yang digambarkan oleh chief engineer Perseverance Adam Steltzner sebagai "hal paling rumit dan paling canggih yang kami tahu cara membuatnya."