Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm Technologies baru saja mengumumkan kolaborasi dengan sejumlah merek ponsel cerdas global untuk mengembangkan kemampuan komunikasi satelit.

Kerja sama ini merupakan solusi perpesanan dua arah dengan memanfaatkan Snapdragon Satellite. Adapun Honor, Motorola, Oppo, Vivo, Xiaomi dan Nothing yang masuk ke dalam jajaran merek global tersebut.

Diumumkan di Mobile World Congress (MWC) 2023, Satelit Snapdragon adalah solusi perpesanan berkemampuan dua arah berbasis satelit pertama di dunia untuk ponsel pintar.

Menawarkan cakupan global satu dari kutub ke kutub dan dapat mendukung perpesanan dua arah untuk penggunaan darurat, SMS, dan aplikasi perpesanan lainnya.

Layanan ini bermanfaat untuk berbagai keperluan seperti keadaan darurat atau rekreasi di lokasi terpencil, pedesaan, dan lepas pantai.

Solusi ini didukung oleh low-Earth orbiting (LEO) dan konstelasi satelit Iridium yang beroperasi penuh, memungkinkan koneksi satelit berdaya rendah dan latensi rendah menggunakan spektrum L-band yang tahan cuaca.

"Hubungan lama kami dengan Honor, Motorola, Nothing, OPPO, Vivo, dan Xiaomi berakar pada inovasi dan memberikan pengalaman konektivitas yang luar biasa kepada konsumen," ungkap wakil presiden manajemen produk di Qualcomm Francesco Grilli dalam sebuah pernyataan.

“Dengan menggabungkan Satelit Snapdragon ke dalam perangkat generasi berikutnya, mitra kami akan dapat menawarkan kemampuan perpesanan satelit berkat konstelasi LEO global yang matang dan tersedia secara komersial, yang memungkinkan pelanggan di seluruh dunia untuk berkomunikasi di luar ruangan dengan penyedia layanan darurat, serta keluarga dan teman," imbuhnya.

Belum diketahui pasti perangkat apa yang akan diluncurkan oleh mitra ponsel cerdas satelit Qualcomm yang baru diumumkan.

Satelit Snapdragon akan tersedia di semua sistem 5G Modem-RF yang akan datang dan tingkatan Snapdragon Mobile Platform (dari tingkat 8 hingga 4) saat ekosistem semakin matang.

Di luar ponsel cerdas, Satelit Snapdragon diatur untuk memperluas ke kategori perangkat lain di segmen komputasi, otomotif, dan IoT.

Seiring pertumbuhan ekosistem, OEM dan pengembang aplikasi akan dapat membedakan dan menawarkan layanan bermerek unik dengan memanfaatkan konektivitas satelit. Satelit Snapdragon direncanakan untuk mendukung 5G Non-Terrestrial Networks (NTN), karena infrastruktur dan konstelasi satelit NTN telah tersedia.

Sebagai informasi, komunikasi berbasis satelit cukup berkembang pesat. Belum lama, Apple juga meluncurkan Emergency SOS dan layanan pelacakan lokasi yang menggunakan konstelasi LEO Globalstar. Kini tersedia pada model iPhone 14 di AS, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris Raya.