Lebih Dulu dari Apple, Huawei Luncurkan Produk Baru, <i>Smartphone</i> yang Bisa Kirim SMS Lewat Satelit
Huawei Mate 50 bisa kirim SMS lewat sambungan satelit. (foto: dok. huawei)

Bagikan:

JAKARTA - Huawei telah mengumumkan produk smartphone terbaru seri Mate 50, sehari sebelum acara Apple, pada 7  September. Smartphone ini muncul dengan fitur yang sama yang ditawarkan oleh iPhone 14, yakni kemampuan untuk mengirim teks melalui komunikasi satelit.

Mate 50 dan Mate 50 Pro akan dapat mengirim teks pendek dan memanfaatkan navigasi berkat jaringan satelit global BeiDou China, yang memungkinkan komunikasi di area tanpa sinyal seluler.

Seri unggulan Mate 50 menyertakan versi 4G saja dari chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dengan RAM 8GB. Mate 50 Pro hadir dengan layar OLED 6,74 inci yang sedikit lebih besar dengan kecepatan refresh 120Hz, sedangkan Mate 50 menawarkan panel OLED 90Hz 6,7 inci.

Keduanya juga menyertakan kamera belakang utama 50 megapiksel dengan lensa aperture variabel dengan stop dari f/1.4 hingga f/4 sementara sebagian besar kamera ponsel cerdas saat ini masih menggunakan aperture tetap, jadi aperture yang bergerak rapi, tetapi lensa itu sendiri sangat kecil sehingga tidak mungkin menciptakan segala jenis perbedaan yang berarti dalam kedalaman bidang di sebagian besar situasi.

Menurut The Verge, kedua model juga didukung kamera 13-megapiksel f/2.2 ultrawide, dan meskipun masing-masing memiliki lensa telefoto, Mate 50 Pro mendapat kamera 64-megapiksel yang ditingkatkan yang mampu melakukan zoom digital 200x. Sementara Mate 50 standar menawarkan zoom digital 100x dengan resolusi lebih rendah 12- sensor megapiksel. Huawei Mate 50 Pro hadir dalam warna oranye yang cantik, selain hitam dan perak.

Saat ini publik sudah banyak mendengar tentang komunikasi berbasis satelit akhir-akhir ini. Pasalnya T-Mobile dan SpaceX baru saja mengumumkan kemitraan yang bertujuan untuk menghadirkan fitur ini kepada pelanggan T-Mobile melalui satelit Starlink. Rumor fitur pesan via satelit Apple juga telah bermunculan sejak tahun lalu.

Dalam semua kasus ini, teknologi kemungkinan akan terbatas, setidaknya pada awalnya. T-Mobile mengatakan sistemnya akan memungkinkan pengiriman pesan teks dan bahkan gambar, tetapi panggilan suara dan data belum bisa dilakukan.

Berdasarkan deskripsi sistem Huawei, sepertinya ponsel Mate 50 hanya akan dapat mengirim teks melalui satelit, namun tidak akan dapat menerima pesan SMS melalui sistem yang sama. Dalam semua kasus ini, SMS berbasis satelit bertujuan untuk menyediakan koneksi darurat di tempat-tempat tanpa sinyal untuk mendapatkan pesan mendesak, daripada cara untuk mengikuti obrolan grup Anda saat Anda berada di luar jangkauan seluler.

Publik harus menunggu setidaknya sedikit lebih lama untuk fitur ini tersedia di AS karena perangkat Huawei, dilarang dan tidak akan dijual di AS.